counter

Dirjen Pembelajaran-Kemahasiswaan Kemenristekdikti buka POMNAS XVI

Dirjen Pembelajaran-Kemahasiswaan Kemenristekdikti buka POMNAS XVI

Suasana pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI yang diselenggarakan di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB), Jakarta, Kamis (19/9/2019) (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) secara resmi membuka acara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Kamis.

“Dengan mengucap bismillah Pekan Olahraga Nasional ke-16 di Jakarta secara resmi dibuka,” kata Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar dalam sambutannya di Jakarta, Kamis malam.

Selain Ismunandar, pembukaan POMNAS XVI juga dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Intan Ahmad, Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah, dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Ismunandar berharap penyelenggaraan POMNAS XVI Jakarta 2019 dapat merajut persatuan dan kesatuan pada mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Kontingen Jateng ditarget juara tiga Pomnas XVI

Dengan tema ‘Semangat, Sportif dan Berprestasi’, Intan Ahmad selaku Rektor UNJ berharap agar kegiatan tersebut dapat membentuk karakter dan semangat juang untuk meraih prestasi dengan sportivitas tinggi.

“Semoga juga mampu memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara dan media penanaman pendidikan berkarakter,” kata Ahmad.

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan atlet-atlet nasional yang mampu bersaing dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

POMNAS XVI Jakarta 2019, 19-26 September diikuti oleh 3.404 atlet dari 33 provinsi di Indonesia untuk memperebutkan 713 medali. Para atlet akan mengikuti 19 cabang olahraga antara lain bola basket, atletik, anggar, catur, bola voli, bulu tangkis, futsal, gulat, hockey indoor, judo, karate, kempo, panjat tebing, pencak silat, renang, sepak takraw.

Pada POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini juga akan mempertandingkan empat cabang olahraga eksibisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket, dan eSport.

Pembukaan POMNAS XVI Jakarta diawali dengan penampilan tarian tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia yang dibawakan oleh mahasiswa dan pelajar DKI Jakarta. Selain itu, ada juga konser musik dari artis ibukota Kikan Namara.

Baca juga: Tim estafet putri DKI Jakarta main santai di Pomnas 2019

Baca juga: "E-sport" dipertandingkan di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVI

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jakarta menjadi tuan rumah POMNAS XVI

Komentar