Jakarta (ANTARA) - Marc Marquez (Repsol Honda) mencatatkan waktu tercepat di sesi latihan bebas pertama (FP1) Grand Prix Aragon, Jumat.

Pebalap asal Spanyol itu melesat dengan waktu terbaik satu menit 46,896 detik, meninggalkan rival terdekat Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) di tempat kedua dengan margin cukup lebar 1,617 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Catatan waktu Marquez itu hanya terpaut 0,2 detik lebih lambat dari rekor lap tercepat di Aragon

Rookie tim satelit Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo tak jauh di tempat ketiga tercepat dengan defisit 2,001 detik dari pemuncak sesi latihan pagi itu.

Baca juga: MotoGP Aragon adalah teritori Marquez

Baca juga:
Quartararo nantikan duel ulang dengan Marquez di Aragon
 
Pebalap MotoGP Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez memacu motor balapnya saat latihan bebas di lintasan Motorland Aragon Grand Prix, Alcaniz, (21/9/2018). ANTARA/AFP/Jose Jordan/aa. (AFP/JOSE JORDAN)


Marquez memegang rekor belum pernah terkalahkan di Aragon dalam tiga tahun terakhir. Pebalap bernomor 93 itu kini melakoni balapan ke-200 di sepanjang karirnya.

Statistik menunjukkan Marquez sangat lah cepat di Aragon, dengan total empat kemenangan dan juga empat pole position menjadikan dia pebalap tersukses di sirkuit sepanjang 5,1km itu.

Sementara runner-up GP Aragon tahun lalu, Andrea Dovizioso (Ducati) finis keempat tercepat sedangkan rekan satu timnya, Danilo Petrucci di peringkat tujuh.

Joan Mir (Suzuki Ecstar) tampil impresif di peringkat enam setelah Jack Miller (Pramac Racing) di P5. Sementara pebalap Suzuki lainnya, Alex Rins harus mengakhiri sesi FP1 lebih awal karena mengalami kendala teknis di motornya setelah turun empat putaran.
 

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) kembali menjadi pebalap KTM tercepat hari itu di P8. Rekan satu timnya, Mika Kallio, yang menggantikan Johann Zarco hingga akhir musim, mengakhiri sesi di peringkat 19.

Baca juga: Alasan Zarco berpisah dengan KTM

Nama-nama besar seperti Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) belum bisa menembus peringkat sepuluh besar di kala keduanya hanya finis masing-masing di P15 dan P17.

Rossi yang belum pernah juara di Aragon itu terpaut tiga detik dari catatan waktu Marquez.

Andrea Iannone kembali membalap setelah sempat absen di Misano karena cedera dan finis P16 untuk Aprilia.

Kemudian juara dua kali GP Aragon Jorge Lorenzo (Repsol Honda) belum menemukan kembali kecepatannya setelah didera cedera sejak balapan di Assen, Belanda. Pebalap asal Spanyol itu finis di posisi buncit, P23.
 
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez memacu motornya pada sesi latihan bebas di Sirkuit Misano jelang Grand Prix San Marino, Italia (13/9/2019). ANTARA/AFP/Marco Bertorello/aa. (AFP/MARCO BERTORELLO)

Sepuluh besar waktu tercepat FP1
1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) 1:46,869
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 1,617
3. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 2,001
4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 2,020
5. Jack Miller (Pramac Racing) + 2,232
6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 2,232
7. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 2,361
8. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 2,431
9. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 2,435
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 2,574

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019