Lewo Ireng Reborn merupakan mobil yang dioperasikan secara penuh oleh energi listrik yang ramah lingkungan. Secara khusus mobil ini mengikuti konvoi menyambut Indonesia sebagai tuan rumah Formula E untuk musim 2019-2020.
Jakarta (ANTARA) - Salah satu kendaraan yang mengikuti konvoi Jakarta E-Prix 2020 adalah mobil listrik karya Instut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya bernama Lewo Ireng Reborn Electric.

Agus pengendara Lewo Ireng Reborn menceritakan pengalamannya pertama kali menjajal mobil listrik tersebut di jalanan Ibu Kota Jakarta.

"Macet ya, kecepatannya  30- 40 km/jam. Beda sekali dengan di Surabaya bisa 80-90 km/jam," kata Agus yang juga anggota Pusat Unggulan IPTEK Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) ITS saat ditemui Antara di Jakarta, Jumat.

Agus menjajal macetnya jalanan Ibu Kota ketika membawa Lewo Ireng Reborn dari Balai Kota DKI Jakarta menuju Lapangan Parkir Timur GBK Senayan.

Ia pun tidak sendiri, ditemani temannya Jono yang merupakan teknisi baterai khusus Lewo Ireng Reborn mereka menggunakan helm hitam yang menutupi muka ketika mengendarai Lewo Ireng Reborn.

"Tadi ada juga yang ngeliatin, tapi ya sudah biasa. Untung pakai helm full face jadi tidak kelihatan mukanya," ujar Agus.

Ketika sampai di Lapangan Parkir Timur GBK Senayan yang menjadi tempat dimulainya konvoi beberapa masyarakat yang ada disekitar area tersebut mengerubungi Lewo Ireng Reborn untuk mengabadikan momen bersama mobil balap karya ITS itu.
Masyarakat sekitar berfoto dengan Lewo Ireng Reborn sebelum konvoi Jakarta E-Prox 2020 dimulai di Parkir Timur GBK Senayan, Jumat (20/9/2019). (Antara/Livia Kristianti)

Lewo Ireng Reborn merupakan mobil yang dioperasikan secara penuh oleh energi listrik yang ramah lingkungan. Secara khusus mobil ini mengikuti konvoi menyambut Indonesia sebagai tuan rumah Formula E untuk musim 2019-2020.

Baca juga: Dishub DKI turunkan 100 personel kawal konvoi Jakarta E-Prix 2020

Baca juga: Lalin Senayan-Monas dialihkan sore ini untuk konvoi kendaraan listrik

Baca juga: Kubica tinggalkan Williams di akhir musim


Dalam iring- iringan Lewo Ireng Reborn berada di antara iringan mobil BMW i8 roadster yang dinaiki Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan motor- motor listrik dari perusahaan Selis dan Gesits.

Konvoi tersebut melibatkan juga taksi dan Bus TransJakarta bertenaga listrik yang dimulai pada pukul 14.30 WIB dari Parkir Timur GBK Senayan menuju Monas.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019