Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas pertama GP Singapura, Jumat.

Pebalap asal Belanda itu mencatatkan waktu satu menit 40,259 detik untuk membawanya 0,167 detik lebih cepat dari pebalap Ferrari Sebastian Vettel yang berada di peringkat dua, demikian laman resmi Formula 1.

Mercedes yang difavoritkan menjadi juara di Singapura, kalah cepat di sesi latihan pembuka ketika Lewis Hamilton terpaut defisit 0,666 detik dari pemuncak sesi.

Sedangkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas menabrakkan mobilnya di tembok pembatas Tikungan 19 sehingga menyebabkan bendera merah dikibarkan. Pebalap Finlandia itu memiliki waktu tercepat keempat, 1,077 detik lebih lambat dari Verstappen.

Baca juga: Hamilton incar hattrick di Grand Prix Singapura

Juara GP Singapura tahun lalu, Lewis Hamilton jelang lomba mengungkapkan jika Red Bull bisa menjadi ancaman bagi Mercedes dan Ferrari di sirkuit jalan raya Marina Bay mengingat tim berlambang banteng merah itu selalu finis runner-up di lima tahun terakhir GP Singapura.

"Red Bull telah tampil cepat beberapa tahun ini, jadi kami antisipasi mereka akan tampil kuat akhir pekan ini, dan aku juga tidak tahu apakah Ferrari akan cepat juga, seperti yang mereka perlihatkan di dua balapan terakhir," kata Hamilton.

Akan tetapi, isu reliabilitas kembali mendera Ferrari setelah mobil Charles Leclerc mengalami masalah girboks dan harus didorong kembali masuk ke garasi pada 30 menit terakhir sesi.

Pebalap asal Monako itu mengakhiri sesi lebih awal di peringkat ke-19 padahal tim berlogo kuda jingkrak itu melengkapi mobil SF90-nya dengan barge board dan bagian hidung baru untuk GP Singapura, yang membutuhkan downforce tinggi.

Baca juga: Statistik Grand Prix Singapura

Alexander Albon kembali tampil cepat untuk Red Bull dan finis P5 di depan Nico Hulkeberg dari Renault.

Duo McLaren, Carlos Sainz dan Lando Norris membayangi pebalap Thailand itu di P7 dan P8.

Sementara dua pebalap Toro Rosso Daniil Kvyat dan Pierre Gasly melengkapi peringkat 10 besar sesi FP1, sekitar dua detik dari Verstappen.

Daniel Ricciardo menggunakan ban soft di sepanjang sesi, seperti halnya rekan satu timnya di Renault, namun hanya mampu finis P11 di depan Romain Grosjean dari tim Haas.

Sejumlah tim membawa upgrade untuk meningkatkan performa mereka termasuk Alfa Romeo yang kedua pebalapnya, Antonio Giovinazzi dan Kimi Raikkonen, finis P13 dan P14.

Robert Kubica, yang akan menuntaskan kontraknya dengan Williams akhir musim ini, finis P17, sekitar 0,7 detik lebih cepat dari rekan satu timnya, George Russel yang berada di posisi buncit P20. Sedangkan duo Racing Point, Lance Stroll dan Sergio Perez finis P15 dan P18.

Baca juga: Haas tetap diperkuat Grosjean dan Magnussen untuk F1 musim 2020




 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019