Menkop: Revolusi Industri 4.0 buka peluang siapapun jadi pengusaha

Menkop: Revolusi Industri 4.0 buka peluang siapapun jadi pengusaha

Menkop Puspayoga berikan kuliah umum tentang kewirausahaan di IKIP PGRI Bali (Humas Kemenkop)

Dengan Revolusi Industri 4.0 memudahkan masyarakat, mau dagang pakai hp...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Puspayoga menyebut era Revolusi Industri 4.0 membuka peluang bagi siapapun untuk menjadi pengusaha dan membuka lapangan kerja baru yang lebih luas.

Menkop dan UKM Puspayoga di Kampus IKIP PGRI di Denpasar, Bali, mengatakan Revolusi Industri 4.0 tidak boleh diabaikan, namun harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk mencapai kesejahteraan bersama.

“Dengan Revolusi Industri 4.0 semua bisa jadi pengusaha. Dengan Revolusi Industri 4.0 memudahkan masyarakat, mau dagang pakai hp, belanja pake hp,” katanya pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan sebelum era ini, misalnya untuk menjadi pengusaha hotel tidak sederhana karena harus memiliki aset dan properti hotel yang besar investasinya.

“Dulu mau jadi pengusaha hotel harus punya hotel, sekarang enggak perlu, cukup aplikasi. Pengusaha rental mobil pun demikian, sekarang cukup dengan handphone. Itulah namanya Revolusi Industri 4.0,” katanya.

Menkop dan UKM kemudian menekankan generasi milenial saat ini merupakan kaum yang sudah sangat melek teknologi sehingga potensi mereka untuk memanfaatkan era Industri 4.0 sangat besar.

“Anak milenial bisa melihat potensi dengan lebih jeli. Anak saya sendiri pernah jualan baju online. Sekarang memilih mau jadi tukang cukur,” kata Puspayoga.

Pada kesempatan itu, diselenggarakan Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan IKIP PGRI Bali di Denpasar 19-21 September 2019.

Dalam acara tersebut, Puspayoga mengundang pakar marketing Hermawan Kartajaya dan Duta Koperasi Indonesia Dewi Motik Pramono untuk juga memberikan motivasi kepada ratusan hadirin yang sebagian besar pemuda dan mahasiswa asal Bali.


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Industri kuliner Indonesia siap bersaing di era Industri 4.0

Komentar