Jakarta (ANTARA) - Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjadi pebalap tercepat di sesi latihan FP3 GP Aragon, Sabtu, namun kondisi trek yang basah berarti catatan waktu para pebalap di sesi latihan hari sebelumnya belum terkalahkan.

Rins menjadi satu-satunya pebalap yang mengganti ban slick di menit-menit terakhir, saat trek mulai kering hingga mencetak waktu tercepat pagi itu satu menit 55,934 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Walaupun demikian, catatan terbaik Rins di tiga sesi latihan hanya mampu membawanya di peringkat ke-11 secara keseluruhan.

Sedangkan sepuluh pebalap dengan waktu latihan tercepat hingga FP3 langsung lolos ke sesi kedua sekaligus terakhir dari babak kualifikasi nanti.

Rins harus berjuang melalui Q1 untuk bisa memperebutkan tempat start teratas di Q2.

Baca juga: Tiga Yamaha finis teratas FP2 GP Aragon, Marquez terjatuh


Hujan deras mengguyur Aragon sepanjang malam. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) yang tak mengkhawatirkan kondisi cuaca buruk di Aragon mencetak waktu terbaik kedua di kondisi trek basah dengan selisih 1,079 detik dari Rins yang memakai ban kering.

Sementara rekan satu timnya, Valentino Rossi di peringkat tujuh, 1,2 detik lebih lambat dari sang pebalap Spanyol.

Mika Kallio (Red Bull KTM Factory Racing) yang menggantikan Johann Zarco hingga sisa musim 2019 di peringkat tiga FP3 terpaut 1,810 detik.

Baca juga: MotoGP Aragon adalah teritori Marquez

Marc Marquez (Repsol Honda) masih menjadi pebalap tercepat di waktu kombinasi latihan dengan satu menit 46,896 detik yang ia ciptakan di FP1.

Pemuncak klasemen itu diibayangi tiga pebalap Yamaha, Vinales, Rossi dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di peringkat empat besar.

Di sepanjang FP3, Marquez mengamati kondisi trek yang basah dari dalam garasi dan baru keluar jelang akhir sesi, melakoni sejumlah putaran namun tidak mencatatkan waktu di sesi tersebut.

Namun demikian, cuaca kembali diramalkan turun hujan ketika sesi kualifikasi berlangsung pukul 14:10 waktu setempat atau 19:10 WIB nanti.

Baca juga: Meski Aragon kurang bersahabat, Rossi optimistis incar podium

Sepuluh waktu terbaik dari sesi latihan gabungan
1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) 1:46,869
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 1,145
3. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 1,202
4. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 1,248
5. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 1,523
6. Jack Miller (Pramac Racing) + 1,573
7. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 1,581
8. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 1,608
9. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 1,772
10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 1,835

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019