counter

Panglima TNI: Proses pembersihan Citarum sudah 40 persen

Panglima TNI: Proses pembersihan Citarum sudah 40 persen

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) saat meninjau bakti sosial di bantaran Sungai Citarum, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Sabtu (21/9/2019). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini proses pembersihan Sungai Citarum sudah mencapai 40 persen dan tersisa tahap-tahap lainnya hingga air bisa jernih.

"Sekarang dibersihkan dulu (dari sampah), baru selanjutnya penjernihan, nanti mudah-mudahan akan balik lagi seperti Citarum jaman nenek moyang kita dulu," kata Hadi di sektor 7 bantaran Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Menurutnya Sungai Citarum kini menjadi sorotan karena tergolong sungai yang sangat kotor. Namun seiring proses pembersihan ia berharap Citarum dapat berangsur pulih dan bisa menjadi daya tarik wisata.

Baca juga: Panglima TNI mencicipi air bersih hasil penjernihan Sungai Citarum

"Semoga Citarum bisa dijadikan tempat wisata, sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan bisa menginformasikan ke luar (negeri) apa yang dikatakan dunia bahwa Citarum itu kotor, sekarang menjadi Citarum yang bersih," kata dia.

Hingga kini menurutnya masih ada industri bandel yang kerap membuang limbah ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Untuk itu, kata dia, pihaknya berupaya melakukan tindakan hukum.

Baca juga: Bekasi-Kementerian LHK kerja sama pengelolaan sampah Sungai Citarum

"Ya kira-kira enam tahun kemudian akan bersih, ini yang direncanakan enam tahun melalui beberapa tahap," katanya.

Selain itu, dalam proses pembersihan, kata dia, pihak Satgas Citarum Harum juga mengeruk bibir sungai hingga menjadi lebar. Menurutnya hal itu juga akan berpengaruh positif dalam upaya menangkal potensi banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Bandung.

"Kalau kita lihat (sungai) kan sudah lebar, musim kemarau kita ngeruk, ketika musim hujan air melimpah akan aman," katanya.

Baca juga: Luhut pantau perkembangan penanganan pencemaran Sungai Citarum
Baca juga: Luhut sebut normalisasi Citarum sudah mulai terlihat


Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kerahkan pemantauan udara, Panglima TNI pastikan keamanan

Komentar