Jakarta (ANTARA) - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan pihaknya mendukung gelaran balap mobil listrik Formula E diselenggarakan di Jakarta.

"Saya dukung Formula E, mudah-mudahan bisa bawa satu event yang kelasnya dunia di Jakarta," ujar Sandiaga di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Digelar lima tahun, Formula E disebut baru untung di tahun keempat

Dia berharap kegiatan tersebut sukses digelar, sehingga dapat meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata, serta menggiatkan perekonomian warga DKI Jakarta.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan balapan mobil listrik Formula E akan dihelat di Jakarta, 6 Juni 2020.

Baca juga: Direktur Formula E nilai visi Gubernur DKI sejalan soal lingkungan

Monas, kata Anies, selain sebagai lokasi pre event, juga akan menjadi salah satu lokasi saat event utama balapan mobil Formula E.

Dengan dihelatnya Formula E, Anies mengharapkan bisa mendorong masyarakat menggunakan kendaraan berbasis energi berkelanjutan, termasuk listrik.

Baca juga: Formula E, Anies berharap dukung dongkrak ekonomi warga Jakarta

Formula E juga direncanakan akan dihelat lima tahun berturut- turut di Monas sehingga dana yang diinvestasikan sebesar Rp1,6 triliun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tidak percuma dan dapat terus berkembang selama penyelenggaraan Formula E berlangsung.

Anggaran sebesar Rp1,6 triliun itu merupakan hasil dari pengajuan dana tambahan khusus yang dilakukan oleh Pemprov DKI kepada DPRD DKI Jakarta sebesar Rp934 miliar untuk mengadakan formula E pada bulan Agustus lalu.

Selain itu, Jakpro yang ditunjuk sebagai pelaksana oleh Pemprov DKI Jakarta turut mengajukan anggaran sebesar Rp302,5 miliar. Seperti yang diketahui anggaran awal untuk pengadaan formula E yang disetujui dalam APBD-P 2019 sebesar Rp360 miliar.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019