counter

Liga Inggris

Burnley turunkan lagi Norwich, Sheffield pecundangi Everton

Burnley turunkan lagi Norwich, Sheffield pecundangi Everton

Penyerang Burnley Christopher Wood (kiri) berebut bola udara dengan pemain Norwich City Ibrahim Amadou dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Sabtu (21/9/2019). (ANTARA/REUTERS/Molly Darlington)

Jakarta (ANTARA) - Burnley memaksa Norwich City kembali turun ke bumi dalam lanjutan pekan keenam Liga Inggris setelah seminggu lalu mengalahkan juara bertahan, sementara saat bersamaan tim promosi Sheffield United mempecundangi Everton di kandangnya sendiri.

Menjamu Norwich, Burnley sukses menghentikan tamunya yang pekan lalu secara mengejutkan menumbangkan Manchester City namun bertekuk lutut di Turf Moor, Inggris, Sabtu, dengan 2-0.

Kedua gol Burnley dicetak oleh Christopher Wood dalam 14 menit pertama pertandingan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Norwich sempat tampil menjanjikan lewat serangan pertamanya kala Teemu Pukki merebut bola dari penguasaan James Tarkowski, sayang tembakannya dihalau kiper Nick Pope dengan menggunakan kakinya.

Baca juga: Man City pesta delapan gol ke gawang Watford

Penampilan menjanjikan itu tak terlunasi, gawang Norwich malah kebobolan saat umpan sepak pojok Ashley Westwood gagal disapu Kenny McLean dan Wood berada pada posisi tepat untuk menanduknya ke dalam gawang membuka keunggulan Burnley pada menit ke-10.

Empat menit berselang pertahanan Norwich kecolongan lagi saat umpan tarik Dwight McNeil bergulir mulus disambut sepakan jarak dekat Wood untuk menggandakan keunggulan Burnley.

Norwich berusaha membalas namun tembakan Moritz Leitner mengakhiri kerja sama satu dua sentuhan dengan Pukki hanya membentur tiang gawang pada menit ke-22.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Chelsea vs Liverpool, dua raksasa terluka bertemu

Keunggulan 2-0 itu terus dijaga dengan baik oleh Burnley hingga peluit tanda laga berbunyi di Turf Moor, mengirim Norwich turun kembali ke bumi setelah sepekan dilanda eforia menang melawan City.

Hasil tersebut membawa Burnley melompat jauh ke peringkat ketujuh klasemen dengan koleksi delapan poin, sementara Norwich (6) turun ke urutan ke-15.

Sheffield taklukkan Goodison Park

Tim promosi melewati tiga pekan pertandingan tanpa kemenangan usai menang di laga pembuka. Namun nasib mereka berubah dengan keberhasilan menaklukkan Everton di kandangnya di Goodison Park.

Baca juga: Everton bertekuk lutut kepada Bournemouth

Tim Chris Wilder itu bermain sangat efisien dengan hanya melepaskan dua percobaan tembakan sepanjang laga namun berhasil menyarangkan dua gol.

Bola mengenai rekannya sendiri Yerry Mina di area gawang sebelum bergulir masuk ke dalam gawang menjadi gol bunuh diri dan memberikan keunggulan bagi Sheffield.

Lima menit jelang turun minum publik Goodison Park dikejutkan sebuah kesalahan dari kiper kebanggaan mereka Jordan Pickford yang gagal menghalau umpan sepak pojok kiriman Oliver Norwood.

Everton berusaha keras menciptakan gol balasan, namun alih-alih memanfaatkan bangunan serangan yang mereka ciptakan gawang tuan rumah kembali kebobolan pada menit ke-79.

Baca juga: VAR anulir dua gol, Tottenham telan kekalahan kontra Leicester

Sebuah umpan sodoran dari John Lundstram berhasil disulap oleh Lys Mousset lewat aksi menawan. Legiun Prancis itu menggiring bola melewati Lucas Digne dan Michael Keane sebelum melepaskan tembakan ke arah Pickford yang sudah tak berdaya.

Gol itu disambut koor cemoohan para suporter Everton yang menyadari timnya menelan dua kekalahan beruntun di bawah maestro yang mereka agung-agungkan Marco Silva.

Hasil ini membuat Sheffield naik ke posisi kedelapan dengan delapan poin, sedangkan Everton (7) melorot ke peringkat ke-14.

Baca juga: Bournemouth permalukan Southampton di kandang sendiri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar