counter

Huawei gandeng China Mobile jajaki beli raksasa telekomunikasi Oi

Huawei gandeng China Mobile jajaki beli raksasa telekomunikasi Oi

Dokumentasi - Deputy Chairman Huawei Ken Hu memaparkan strategi perusahaannya dalam tren penerapan kecerdasan buatan pada ajang Huawei Connect 2019 di Shanghai, Rabu (18/9/2019). ANTARA/HO Huawei Technologies/am.

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan peralatan telekomunikasi Cina, Huawei Technologies Co, dikabarkan bekerja sama dengan China Mobile untuk membeli operator telekomunikasi terbesar di Brasil, Oi SA, guna meningkatkan penetrasinya di negara yang menjadi pasar terbesar Amerika Latin itu, lapor portal O Globlo seperti dikutip Reuters, Minggu.

Dua korporasi raksasa asal Cina itu melirik pertumbuhan bisnis signifikan seiring dengan Oi yang mulai mengandalkan teknologi nirkabel generasi kelima (5G) dan kepemilikan infrastruktur fiber sepanjang 360 ribu kilometer dinilai menjadi aset yang menarik. Oi saat ini sedang berjuang melunasi utang miliaran real Brasil agar terhindar dari ancaman kebangkrutan.

Oi menolak mengomentari laporan itu, sementara Huawei dan China Mobile tidak segera menanggapi pertanyaan Reuters.

Operator telepon tetap terbesar di Brasil itu telah berjuang memutarbalikkan bisnisnya sejak mengajukan proposal perlindungan dari kebangkrutan pada Juni 2016 untuk merestrukturisasi utang 65 miliar Real Brasil.

Pada Kamis (19/9), Reuters melaporkan ketika sedang dalam proses negoisasi bisnis jaringan telekomunikasinya dengan Telefonica SA asal Spanyol dan Telecom Italia SpA, Oi juga terlibat dalam pembicaraan awal dengan perusahaan asal Amerika Serikat, AT&T Inc, dan perusahaan Cina.

Baca juga: Pengalaman pengguna jadi fokus Huawei bangun layanan cloud dan Penjabat kepala anggaran Trump minta penundaan pembatasan atas Huawei

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar