Jayapura (ANTARA) - Bupati Puncak, Papua, Willem Wandik mengatakan usai peristiwa kontak tembak antara kelompok sipil bersenjata dengan aparat keamanan hingga menewaskan tiga warga sipil menjadi alasan warga untuk meminta agar pasukan segera ditarik guna menghindari jatuhnya korban jiwa di masyarakat.

Permintaan itu sudah disampaikan saat pertemuan dengan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab yang dilaksanakan di Ilaga Sabtu (21/9), kata Bupati Wandik kepada Antara, Minggu.

Bupati Wandik yang dihubungi dari Jayapura mengatakan sebagai kepala daerah pihaknya mendukung permintaan tersebut mengingat yang menjadi korban adalah masyarakat karena KSB menggunakan mereka sebagai tameng.

Baca juga: Polisi sebut kondisi lima warga Ilaga korban penembakan makin membaik

Baca juga: Baku tembak di Puncak Papua, Wiranto tunggu laporan resmi


“Masyarakat akan terus menjadi korban sehingga pihaknya berharap ada pola lain yang diterapkan saat melakukan pengejaran terhadap KSB,” kata Wandik melalui sambungan telepon.
 
Dikatakannya dalam pertemuan yang juga dihadiri Ketua Tim Asistensi Kapolri Irjen Pol Paulus Waterpauw berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan dan dilakukan untuk rekonsiliasi hingga Kabupaten Puncak kembali aman.

"Di Papua harus dilakukan tindakan persuasif guna meminimalisir korban di tengah masyarakat," kata Bupati Wandik.

Sementara Kapendam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto secara terpisah mengakui adanya permintaan penarikan yang disampaikan kepada Pangdam XVII Cenderawasih saat berkunjung ke Ilaga.

Namun dalam pertemuan tersebut Pangdam Cenderawasih menyatakan belum memutuskan langkah terkait permintaan penarikan pasukan karena harus disampaikan kepada pimpinan dan Bupati Kabupaten Puncak, Papua. Bupati sudah membuat surat terkait masalah tersebut, ujar Letkol CPL Eko yang turut mendampingi Pangdam Mayjen TNI Herman Asaribab berkunjung ke Ilaga.

Kontak tembak antara KSB dengan aparat keamanan selain menyebabkan tiga warta meninggal juga melukai empat warga sipil yang saat ini sudah dievakuasi dan dirawat di RSUD Timika.

Baca juga: Tim gabungan investigasi tertembaknya warga sipil di Kabupaten Puncak

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019