counter

1,9 ton sampah dikumpulkan saat hari kebersihan dunia di Aceh Barat

1,9 ton sampah dikumpulkan saat hari kebersihan dunia di Aceh Barat

Puluhan relawan memungut sampah di pinggir pantai di kawasan Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, sebagai bagian dari Peringatan Hari Kebersihan Dunia di Kabupaten Aceh Barat, Minggu (22/9/2019). ANTARA/HO-aspri

Meulaboh (ANTARA) - Peringatan Hari Kebersihan Dunia atau World Clean Up Day (WCD) Tahun 2019 yang dipusatkan di 14 titik di Kota Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat, berhasil mengumpulkan 1,9 ton sampah dari aksi sekitar 3.000 relawan berhasil.

"Ini merupakan prestasi baru bagi masyarakat Aceh Barat, karena banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan sosial tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kabupaten Aceh Barat, Mulyadi SHut di Meulaboh, Minggu.

Sampah yang berhasil dikumpulkan tersebut kemudian dilakukan pemilahan di sebuah tempat pengolahan sampah di kawasan Desa Kampung Belakang, Meulaboh, untuk aneka pemanfaatan.

Sedangkan sisanya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Tumpok Ladang, Kecamatan Meureubo, untuk dimusnahkan.

Baca juga: BI Bali gandeng mantan miss universe aksi bersih sampah plastik

Mulyadi berharap kegiatan aksi bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari dukungan dan partisipasi masyarakat, dan salah satu bentuk komitmen bersama dalam rangka kampanye mengurangi penggunaan dan limbah sampah plastik khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

"Kegiatan WDC ini melibatkan semua komunitas, pemerintah, perguruan tinggi, dan berbagai perusahaan BUMN & swasta serta masyarakat dengan mengumpulkan berbagai sampah plastik," katanya.

Baca juga: Gowa targetkan 1.000 bank sampah pada WCD
Baca juga: Ratusan orang ikuti aksi membersihkan Sungai Serayu Banyumas

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kebakaran hutan gambut di Aceh Barat meluas

Komentar