counter

KPU optimis proses NPHD Pilkada 2020 rampung sesuai tahapan

KPU optimis proses NPHD Pilkada 2020 rampung sesuai tahapan

Ketua KPU Arief Budiman di Jakarta, Minggu, (22/09/2019). ANTARA/Boyke Watra

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum optimis proses penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk penyediaan anggaran Pilkada 2020 rampung sesuai tahapan, yakni pada 1 Oktober 2019.

"Kita sudah dapat 12 daerah yang merampungkan NPHD, dan dalam waktu dekat ini akan banyak yang akan menyelesaikannya," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman, di Jakarta, Minggu.

Seharusnya proses NPHD itu, kata dia, tidak lagi menemui kendala karena seluruh KPU Daerah sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Juga baca: Ajukan anggaran Rp64 miliar, KPU Depok siapkan Pilkada 2020

Juga baca: Anggaran Pilkada ditetapkan jadi Rp350 miliar

Juga baca: KPU dan Pemkab TTU segera tanda tangani NPHD

"Pemerintah daerah juga sudah paham mengenai NPHD, pemilu itu kan wajib sesuai perintah undang-undang dan wajib dibiayai APBD," kata dia.

Ketua KPU itu mengajak seluruh pihak yang terkait soal NPHD ini memiliki komitmen yang sama yakni menyelesaikan prosesnya sebelum tahapan Pilkada dimulai.

Meskipun optimis, namun menurut dia, proses penandatanganan tersebut bisa saja lewat dari jadwal yang telah ditentukan. "Tapi pemilu kepala daerahnya tidak boleh terganggu atau terhalangi kalau 1 Oktober itu belum bisa ditandatangani," ujarnya.

KPU pada 21-24 September 2019 menggelar kegiatan Konsolidasi Nasional untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

Pewarta: Boyke Watra
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pilkada Pandeglang 2020 telan anggaran Rp68,2 miliar

Komentar