Jakarta (ANTARA) - Pemain pengganti Borussia Dortmund Thomas Delaney mencetak gol bunuh diri yang memaksa timnya bermain imbang 2-2 di markas Eintracht Frankfurt dalam laga pekan kelima Liga Jerman di Commerzbank Arena, Minggu.

Padahal Dortmund dua kali memiliki keunggulan lewat Axel Witsel dan Jadon Sancho, namun dua kali pula mereka gagal menjaganya, demikian catatan laman resmi Liga jerman.

Baca juga: Dortmund cukur Leverkusen 4-0, Reus sumbang dua gol

Andre Silva menyamakan kedudukan lebih dulu untuk Frankfurt lantas gol bunuh Delaney membuang keunggulan Dortmund lagi dua menit jelang waktu normal berakhir.

Tambahan satu poin membuat Dortmund gagal kembali ke posisi kedua dan kini hanya menduduki tempat ketiga dengan koleksi 10 poin di bawah RB Leipzig (13) dan Bayern Muenchen (11), sedangkan Frankfurt (7) tertahan di urutan kesembilan.

Dortmund membuka pertandingan dengan cemerlang. Pergerakan dan kerja sama apik yang dilakukan Sancho dan Achraf Hakimi di sisi kanan, berujung pada kiriman umpan tarik yang dengan leluasa diarahkan ke gawang Frankfurt oleh Witsel.

Meski Dortmund lebih banyak mendominasi penguasaan bola, Frankfurt yang tidak patah semangat mampu menyamakan kedudukan menjelang turun minum berkat penyelesaian apik Andre Silva.

Babak kedua dimulai dengan intensitas seperti babak pertama. Erik Durm di kubu Frankfurt dan Sancho di pihak Dortmund bergantian mengancam gawang lawannya.

Permainan kemudian lebih banyak diisi dengan penampilan gemilang para pemain dari kedua tim, sampai Sancho mampu mengemas gol dengan memanfaatkan umpan Witsel.

Dortmund terlihat akan membawa pulang tiga poin sampai pada fase akhir laga, pemain pengganti asal Jepang Kamada menyepak bola yang sempat terdefleksi Delaney sebelum masuk ke gawang Roman Buerki.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang berlangsung hampir bersamaan, Borussia Moenchengladbach berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk menaklukkan tamunya Duesseldorf 2-1.

Gol cepat Kasim Adams sempat membuat publik tuan rumah terhenyak pada menit keenam, namun Gladbach bangkit dimotori pemain pengganti Marcus Thuram yang mengemas dwigol untuk memastikan kemenangan tuan rumah.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman, Bayern sempat pinjam pucuk klasemen dari Leipzig

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

Eintracht Frankfurt (3-4-1-2): Kevin Trapp, Almamy Toure (Timothy Chandler 83'), Makoto Hasebe, Martin Hinteregger, Erik Durm, Dominik Kohr (Daichi Kamada 67'), Gelson Fernandes, Filip Kostic, Djibril Sow, Andre Silva, Goncalo Paciencia (Bas Dost 79')

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki, Achraf Hakimi, Manuel Akanji, Mats Hummels (Dan Zagadou 63'), Raphael Guerreiro, Axel Witsel, Thomas Delaney, Jadon Sancho (Julian Brandt 73'), Marco Reus, Thorgan Hazard, Paco Alcacer (Mario Gotze 76')

Baca juga: Schalke menang atas Mainz berkat gol menit akhir Amine Harit

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Leipzig masih berpeluang jaga puncak klasemen

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019