counter

Bupati Garut prihatin calon terpilih anggota DPR dicoret KPU

Bupati Garut prihatin calon terpilih anggota DPR dicoret KPU

Bupati Garut Rudy Gunawan. ANTARA/Feri Purnama

Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan prihatin atas pencoretan calon terpilih anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ervin Luthfi oleh KPU RI karena adanya pemberhentian oleh partai tersebut.

"Saya ikut prihatin karena Ervin yang merupakan putra daerah Kabupaten Garut menjadi harapan kami untuk bisa menyuarakan wakil di parlemen," kata Rudy Gunawan di Garut, Senin.

Informasi yang diterima bahwa Ervin Luthfi dicoret sebagai caleg terpilih, kemudian dirinya diganti oleh Mulan Jameela, artis yang juga istri dari musisi ternama Ahmad Dhani.

Baca juga: Gerindra laksanakan putusan pengadilan terkait gugatan Mulan

Rudy sebagai anggota Dewan Pembina Partai Gerindra menyatakan bahwa saat ini belum mengetahui alasan adanya penggantian caleg terpilih oleh DPP Gerindra.

Rudy mempertanyakan tentang konstruksi hukum pemberhentian caleg terpilih. Namun, hal itu kewenangan sepenuhnya DPP Partai Gerindra.

"Mengapa dukung Mulan? Saya tidak tahu. Harus lihat dahulu putusan pengadilannya," kata Rudy.

Ia mengungkapkan bahwa Ervin merupakan caleg terpilih yang meraih suara terbanyak, atau lebih banyak daripada jumlah suara Mulan Jameela di Daerah Pemilihan Kabupaten Garut dan Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca juga: Mulan Jameela tak hadiri sidang gugatan perdata ke Gerindra

Baca juga: Dikabarkan lolos ke Senayan, Mulan Jameela: Saya enggak tahu


Selama kampanye Pemilu Anggota DPR RI 2019, Rudy mengetahui adanya pencalonan dua kader partai Gerindra tersebut. Khusus dengan Mulan Jameela, dia mengaku belum pernah bertemu, sedangkan dengan Ervin Luthfi pernah ketemu sebelum pileg.

Sebelumnya, Ervin Lutfhi yang sudah ditetapkan sebagai calon terpilih anggota DPR RI melalui rapat pleno oleh KPU RI itu tiba-tiba dicoret menjelang pelantikan anggota DPR RI pada tanggal 1 Oktober 2019.

Sejumlah elemen masyarakat, terutama pendukungnya mempertanyakan dasar hukum pencoretan nama Ervin sebagai calon terpilih.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Anggota DPD RI Aceng Fikri terjaring razia Satpol PP

Komentar