counter

Pakar Asia Trump jadi deputi penasehat keamanan nasional

Pakar Asia Trump jadi deputi penasehat keamanan nasional

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Ibu Negara Melania Trump (kedua kanan) meletakkan karangan bunga di Monumen Pentagon saat upacara peringatan ke-18 tahun Serangan 11 September di Pentagon, Arlington, Virginia, Amerika Serikat, Rabu (11/9/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/wsj.

Air Focer One (ANTARA) - Penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Minggu bahwa penasihat kebijakan Asia di Gedung Putih, Matt Pottinger akan menjadi wakil utamanya.

Robert O'Brien membuat pengumuman di dalam pesawat kepresidenan AS, Air Force One ketika Trump terbang dari Ohio ke New York, di mana presiden akan menghabiskan sebagian besar minggu ini untuk menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan sidang Umum PBB.

Rabu lalu, Trump menunjuk O'Brien, pejabat kawakan dalam kebijakan luar negeri yang pernah menjabat sebagai juru runding sandera AS, akan menggantikan John Bolton sebagai penasihat keamanan nasional.

Trump dan Bolton yang berpandangan agresif memiliki perbedaan atas tantangan kebijakan luar negeri seperti Iran, Afghanistan dan Korea Utara.

Pottinger adalah mantan jurnalis dan mantan Marinir AS yang telah membantu menempa kebijakan China dan Korea Utara sejak Trump menjabat pada Januari 2017.

"Dia pemain tim," kata O'Brien.

Pottinger memainkan peran penting dalam mengatur KTT Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sebuah keterlibatan diplomatik yang telah membuat sedikit kemajuan dalam membujuk Pyongyang untuk menyerahkan senjata nuklirnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kata Pakar di Amerika tentang kemajuan perundingan dagang AS-China
Baca juga: Pakar Jepang sebut pertemuan Trump-Jong un di DMZ kemajuan besar

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi dan Ivanka Trump bahas pemberdayaan perempuan

Komentar