Jakarta (ANTARA) - Perusahaan perangkat elektronik Epson mengumumkan penjualan global kumulatif alat cetak tinta jet (printer inkjet) bertangki tinta kapasitas tinggi yang mencapai 40 juta unit secara global.

Untuk mencapai kinerja itu, Epson mengawali produknya di pasar negara berkembang, kemudian membuat terobosan di negara maju. Epson juga menilai bahwa model printer tangki tinta berkapasitas tinggi mampu menghasilkan persentase pertumbuhan total pasar inkjet setiap tahunnya.

"Epson meluncurkan model printer tangki tinta pertama di Indonesia pada tahun 2010 dan kini sudah tersebar lebih dari 150 negara di dunia," kata Managing Director PT Epson Indonesia Ishii Hidemasa dalam keterangannya, Senin.

Sebagai hasilnya, Epson terus mempertahankan pangsa teratas di pasar printer tangki tinta berkapasitas tinggi selama sembilan tahun berturut-turut.

Kendala utama pada printer inkjet dengan kartrid adalah harga tinta yang mahal, jumlah cetak sedikit sehingga menyebabkan biaya cetak yang tinggi.

Berdasarkan kebutuhan itu Epson mencoba untuk mengembangkan printer inkjet dengan teknologi tangki tinta yang dapat memberikan solusi atas kebutuhan tersebut, dan terbukti produk ini mendapat respon yang positif

Pada tahun 2019, Epson akan mempercepat transisi dari printer kartrid tinta ke printer tangki tinta berkapasitas tinggi dengan terus menunjukkan keunggulan dalam hal biaya cetak dan kinerja terhadap lingkungan.

Perusahaan juga akan mempercepat penggantian printer laser dengan memperkuat jajaran printer inkjet kantor yang sangat cepat dan tahan lama, memungkinkan pengguna di semua segmen untuk mencetak tanpa khawatir perihal biaya.

Epson berencana menjual 10,2 juta printer tangki tinta berkapasitas tinggi pada tahun fiskal (FY) 2019, naik 13 persen dibanding tahun fiskal sebelumnya. Angka itu diperkirakan akan mencapai 64 persen dari total penjualan printer inkjet di Epson.

"Dengan diluncurkannya printer ini sebagai tanda bahwa Epson berusaha memahami kebutuhan pasar dan memberikan inovasi yang dapat menjadi solusi bagi pelanggan Epson," kata Ishii Hidemasa.



Baca juga: Epson punya aplikasi pindai tinta asli

Baca juga: Pembeli diminta perhatian kemasan hindari cartridge toner palsu

Baca juga: Melihat printer 3D buatan lokal BikinBot

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019