Dubes Malaysia optimistis dengan rute Solo-KL

Dubes Malaysia optimistis dengan rute Solo-KL

Wakil Ketua Asita Jawa Tengah Daryono (dua dari kanan) dan Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia Zainal Abidin (dua dari kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Senin (23/9/2019). ANTARA/Aris Wasita.

Selain wisata religi, kegiatan yang sering dilakukan wisatawan Malaysia saat berkunjung ke Solo adalah belanja dan kuliner
Solo (ANTARA) - Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar optimistis dengan rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur mengingat Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga di negaranya.

"Kami menilai perkembangan ekonomi di Kota Solo cukup pesat, seperti pembangunan infrastruktur, kemudian ada KA Bandara, makanya kami juga membuka rute Kuala Lumpur-Solo," katanya di sela program "Roadshow Visit Malaysia Year 2020 and Malaysia Showcase" di Solo, Senin.

Ia mengatakan Kota Solo sudah melekat di hati warga negara Malaysia, apalagi tempat religius atau napak tilas Wali Songo yang ada di Jawa Tengah menjadi daya tarik tersendiri.

"Selain wisata religi, kegiatan atau aktivitas yang sering dilakukan wisatawan Malaysia saat berkunjung ke Solo adalah belanja dan wisata kuliner. Kami melihat potensi Solo untuk menawarkan tempat wisata cukup tinggi," katanya.

Baca juga: Tak lama lagi, rute Solo-Kuala Lumpur dibuka via Malaysia Airlines

Ia juga berharap nantinya Pemerintah Kota Surakarta dapat melakukan kunjungan balik ke Malaysia untuk mempromosikan Solo maupun Jawa Tengah.

"Apalagi hubungan Malaysia dengan Jawa Tengah ini cukup dekat, salah satunya dari sektor pendidikan, kami banyak melakukan pertukaran pelajar. Mahasiswa Jawa Tengah yang belajar di Malaysia ada sekitar 10.000 orang, sedangkan pelajar Malaysia yang belajar di Solo ada sekitar 5.000 orang," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Asita Jawa Tengah Daryono mengatakan potensi wisatawan yang datang dengan dibukanya rute Solo-Kuala Lumpur akan sangat tinggi.

Ia berharap hal itu dapat mempererat kunjungan antarnegara dan mampu menjadi program sinergitas untuk mendatangkan makin banyak turis asing.


Baca juga: Asita berharap wisatawan China akses wisata budaya

"Dengan rute ini maka akan membawa wisatawan Indonesia ke Malaysia, di sisi lain kami berharap Malaysia menyambut ini dengan mengajak masyarakat Malaysia wisata ke Solo," katanya.

Sementara itu, beberapa program unggulan pariwisata yang akan ditawarkan kepada wisatawan Malaysia, di antaranya berbagai macam festival budaya dan event tahunan Solo Great Sale.

"Kami juga akan melakukan 'family trip' untuk lebih mengenalkan Solo kepada masyarakat Malaysia," katanya.

Baca juga: Korea permudah pelancong solo lewat #AKUDANKOREA
Baca juga: Skyscanner: Belitung dan Solo makin populer di antara destinasi domestik

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indonesia-Malaysia telah sepakati batas wilayah kedua negara

Komentar