Pesawat sebelumnya sempat berputar-putar lima kali di udara Nagan Raya
Suka Makmue, Aceh (ANTARA) - Sebuah pesawat udara jenis Wings Air (Lion Air Group), yang mengangkut lebih dari 60 penumpang, gagal mendarat di Bandar Udara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, pada Senin, akibat kabut asap pekat.

Pesawat jenis ATR (dua baling-baling) seri 500/600 tersebut sebelumnya terbang dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara sekitar pukul 11.00 WIB dan dijadwalkan tiba ke Kabupaten Nagan Raya sekira pukul 12.00 WIB.

"Pesawat sebelumnya sempat berputar-putar lima kali di udara Nagan Raya untuk mendarat. Namun, karena terbatasnya jarak pandang akibat kabut asap, pilot kemudian memutuskan untuk kembali ke Kualanamu, Sumatera Utara," kata petugas Wings Air di Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya, Sunardi kepada ANTARA di Nagan Raya, Senin sore.

Baca juga: Asap selimuti Aceh, aktivitas penerbangan dibatalkan
Baca juga: Operasional penerbangan di bandara Sumut terganggu asap

Menurutnya, seluruh penumpang pesawat tersebut selamat tiba kembali di Sumatera Utara sekitar pukul 13.00 WIB siang.

Sebagian besar penumpang terpaksa dialihkan penerbangannya melalui Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Sebagian penumpang lainnya memilih untuk diberangkatkan dengan jadwal keesokan harinya pada Selasa (24/6/2019) dengan jadwal pukul 10.45 WIB.

Sunardi juga menambahkan kegagalan pendaratan pesawat udara di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya tersebut disebabkan jarak pandang yang terbatas akibat kabut asap.

Namun, pihaknya bersyukur seluruh penumpang sudah tiba kembali di Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Baca juga: Kabut asap belum ganggu penerbangan di Bandara Minangkabau

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019