Wisatawan asal Jakarta tewas tenggelam di air terjun Tanggedu Sumba

Wisatawan asal Jakarta tewas tenggelam di air terjun Tanggedu Sumba

Tim SAR dari Basarnas Waingapu, Nusa Tenggara Timur sedang melakukan evakuasi terhadap Budi Santoso yang tengelam di lokasi air terjun Tanggedu, Kabupaten Sumba Timur, Senin (23/9/2019) ANTARA/HO-Basarnas Kupang/am.

Kupang (ANTARA) - Seorang wisatawan asal Jakarta tewas tenggelam saat berwisata ke lokasi wisata air terjun Tanggedu di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Senin, sekitar pukul 14.00 Wita.

Wisatawan yang tengelam di lokasi wisata air terjun Tanggedu diketahui bernama Budi Santoso (58) karyawan PT Adi Caraka Tirta yang datang bersama rombongan untuk berwisata.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Nusa Tenggara Timur, Emi Friezer melalui Humas Nela Amabi, Senin mengatakan, kasus tengelamnya wisatawan asal Jakarta itu pertama kali dilaporkan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur bahwa seorang wisatawan melompat dari ketinggian saat mandi di lokasi air terjun Tanggedu namun tidak muncul lagi ke permukaan.
Baca juga: Di Telaga Sarangan Magetan, seorang wisatawan tewas tenggelam

"Anggota Basarnas yang berada di pos SAR Sumba Timur langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya pencarian dan pertolongan terhadap Budi Santoso yang dilaporkan hilang saat terjun dari ketinggian di lokasi wisata air terjun Tanggedu," kata Nela.

Ia mengatakan, tim SAR yang tiba di lokasi kejadian pada pukul 16.20 wita langsung melakukan pencarian terhadap korban dengan melakukan penyelaman di lokasi kejadian.

Dalam upaya pencarian korban Budi Santoso ditemukan dalam kondis meninggal dalam air sehingga langsung dilakukan evakuasi menuju Rumah Sakit Rara Meha, Waingapu.
Baca juga: Wisatawan lokal tenggelam saat berenang di Ketawai, Bangka Tengah
Baca juga: Wisatawan tewas tenggelam di Kepulauan Seribu


"Korban datang kelokasi air terjun Tanggedu bersama beberapa rekan kerja korban dari PT Adi Caraka Tirta. Korban sempat melompat dari ketinggian namun tidak muncul lagi ke permukaan hingga ditemukan tim SAR dalam kondisi meninggal," kata Nela.

Menurut dia, operasi pencarian terhadap Budi Santoso juga melibatkan potensi SAR di Sumba Timur seperti TNI AL, Kepolisian, BPBD serta masyarakat daerah itu.
Baca juga: Dua wisatawan tewas terseret ombak Pantai Payangan, Jember
Baca juga: Dua wisatawan tewas saat wisata Bukit Lawang

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar