Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-89 di Jakarta, Senin malam.

"Atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan tamu undangan yang ikut merayakan HUT Kerajaan Arab Saudi yang jatuh pada 23 September," ujar Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi di Jakarta, Senin malam.

Sejak kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman terjadi perubahan besar di dalam negeri.

"Kita sedang menyaksikan kebangkitan dan perubahan besar di dalam negeri berdasarkan visi tahun 2030. Visi yang membawa Arab Saudi berada di posisi negara-negara maju," ujar Dubes Esam.

Visi 2030 yaitu membawa Arab Saudi menjadi lebih baik di bidang ekonomi maupun pariwisata di masa depan.

Meskipun demikian, lanjut dia, Arab Saudi tetap mengadopsi metode dan cara hidup Islam yang moderat.

"Kami bangga dengan warisan kami dan akan tetap mengadopsi Islam moderat, metode dan cara hidup moderat," kata Dubes Esam.

Ia mengatakan Arab Saudi akan terus mengerahkan segala upaya dalam memfasilitasi jamaah haji maupun umroh dari seluruh penjuru dunia yang melaksanakan ibadah di dua masjid suci dan kiblat Muslim.

Baca juga: Arab Saudi resmi cabut kebijakan visa progresif umrah

Baca juga: Ratusan WNI korban penipuan haji ditahan kepolisian Saudi



Sementara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan selamat kepada rakyat Arab Saudi yang merayakan Hari Nasional Arab Saudi ke-89, yang jatuh pada 23 September 2019.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, kami mengucapkan selamat kepada rakyat Arab Saudi atas perayaan hari nasional. Semoga persahabatan antara Indonesia dan Arab Saudi semakin erat," ujar dia.

Menteri Lukman mengatakan Indonesia dan Arab Saudi mempunyai hubungan yang kuat dan erat serta sudah berjalan selama puluhan tahun.

"Hubungan bilateral pemerintah Arab Saudi dengan pemerintah Republik Indonesia telah terjalin dari tahun 1947 an hingga saat ini. Hubungan kedua negara semakin meningkat ditandai dengan kerja sama di berbagai bidang," kata Menteri Lukman.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kerajaan Arab Saudi berlangsung meriah diawali dengan sambutan dari Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang mewakili ucapan selamat dari pemerintah Indonesia.

Tampak hadir pula sejumlah menteri Republik Indonesia seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Abdurrahman Mohammad (AM) Fachir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta duta besar negara-negara sahabat.

Baca juga: Organisasi Islam tegaskan dukungan buat Arab Saudi melawan teror


Baca juga: Indonesia kecam serangan terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019