Jakarta (ANTARA) - Facebook Inc akan mengakusisi perusahaan rintisan di New York, CTRL-labs, yang mengembangkan komunikasi manusia dengan komputer memanfaatkan sinyal otak.

Wakil direktur Facebook untuk teknologi augmented reality dan virtual reality Andrew Bosworth mengumumkan akuisisi itu di akun Facebook-nya, seperti diberitakan Reuters, Selasa

Bosworth tidak mengungkapkan nilai akusisi, namun, CNBC melaporkan nilainya mencapai 1 miliar dolar menurut seorang sumber. CTRL-labs akan masuk ke tim Facebook Reality.

Facebook akan menggunakan teknologi antarmuka saraf buatan CTRL-labs untuk mengembangkan gelang yang dapat terhubung ke perangkat lain.

"Tujuannya untuk gelang yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat melalui gerakan alami. Kami berharap membangun teknologi seperti ini dalam skala besar dan masuk ke produk untuk konsumen lebih cepat," kata Bosworth.

CTRL-labs mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan otak dan machine learning untuk membuat antarmuka agar manusia dapat mengontrol dan memanipulasi komputer melalui pikiran.

CTRL-labs membuat produk, yang masih tahap pengembangan, berupa gelang yang menggunakan sensor untuk melacak gerak tubuh.

Baca juga: Buntut Cambridge Analytica, Facebook tangguhkan puluhan ribu applikasi

Baca juga: Presiden Trump bertemu dengan pimpinan Facebook Mark Zuckerberg

 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019