Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, sebagai bentuk dukungan atas pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan pemerintah sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

Saat ini telah beroperasi sekitar 550 BTS 4G dan 3G milik XL Axiata yang melayani area sekeliling danau terbesar di Indonesia tersebut.

"Perusahaan menyambut baik upaya pemerintah mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata andalan di masa mendatang. Karena itu, dengan antusias, kami menyertainya dengan memperkuat jaringan data berkualitas yang mencakup sekitar Danau Toba, termasuk Pulau Samosir, juga di sepanjang jalur menuju ke sana," kata Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan dalam siaran pers di Jakarta, Selasa

Tidak ketinggalan, perusahaan juga memperkuat jaringan di Bandara Silangit dan juga sepanjang jalur darat dari Medan ke Danau Toba.

Baca juga: XL Axiata-Bakamla bangun Desa Maritim di Asahan Sumut
Baca juga: XL perluas jaringan 4G untuk menumbuhkan ekonomi Sumbawa


Dia optimistis pembangunan infrastruktur wisata akan mampu meningkatkan pamor Danau Toba. Kawasan itu tidak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah, namun juga kekayaan budaya yang luar biasa, yang menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Ketersediaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas akan menjadi kebutuhan para wisatawan dan pelaku industri wisata pendukungnya. Di sisi lain, pemerintah pusat, pemerintah daerah, warga sekitar, dan semua pemangku kepentingan di sana juga membutuhkan layanan telekomunikasi dan data yang baik untuk meningkatkan produktivitas di sektor ekonomi dan sosial lainnya.

Francky menambahkan dalam beberapa waktu terakhir, trafik layanan data XL Axiata juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di area-area sekitar Danau Toba. Hal ini menunjukkan semakin banyaknya pelanggan XL Axiata yang nyaman dengan layanan data yang telah tersedia.

Bagi wisatawan, eloknya pemandangan alam dan atraksi budaya di sana merupakan pengalaman yang layak diunggah di media sosial berbagai platform, baik dalam format foto maupun video.

Karena itu, kualitas jaringan data menjadi perhatian utama XL Axiata dalam penyediaan layanan di Kawasan Danau Toba. Infrastruktur jaringan XL Axiata di Kawasan Danau Toba, termasuk Pulau Samosir, didukung lebih dari 750 BTS, termasuk hampir 550 BTS data (3G dan 4G).

Sementara itu di sekitar Bandara Silangit, yang telah menjadi akses baru menuju Danau Toba melalui jalur udara, XL Axiata juga telah menempatkan sekitar 40 BTS 4G dan 3G.

Begitu juga di sepanjang jalur darat dari Medan menuju Danau Toba sejauh kurang lebih 90 km, hampir seluruhnya telah terlayani jaringan data berkualitas 4G dan 3G.

Baca juga: Pindah ibu kota, XL Axiata sudah siapkan infrastruktur
Baca juga: XL Axiata perluas jaringan 4G LTE di Sulawesi

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019