Stasiun Kota Malang merupakan stasiun heritage
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Rencana pengembangan tahap pertama Stasiun Kota Malang oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata pada kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan adanya pengembangan Stasiun Kota Malang tersebut, nantinya bangunan lama stasiun yang didirikan pada tahun 1870 akan bisa terlihat menonjol, setelah dilakukan pembenahan.

"Ini akan semakin mendukung Kota Malang menjadi heritage destination, karena nantinya wajah dari stasiun yang lama akan nampak," kata Sutiaji, usai melakukan peletakan batu pertama pengembangan Stasiun Malang Kota, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Sutiaji menjelaskan wisata heritage atau budaya yang tengah gencar digaungkan oleh Pemerintah Kota Malang itu juga akan menyiapkan konsep terpadu mulai dari Stasiun Malang Kota, Tugu Malang, hingga ke kawasan Heritage Kayutangan.

Baca juga: PT KAI mulai pengembangan Stasiun Kota Malang

Rencananya Pemerintah Kota Malang akan melakukan pembenahan khususnya untuk akses terhadap para pejalan kaki, agar para wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Malang bisa merasakan nuansa heritage yang ada, saat berjalan kaki.

"Nanti akan tersambung dari Kayutangan, Tugu, Stasiun Malang Kota. Penataan trotoar juga akan dilakukan," ujar Sutiaji.

Dalam kesempatan itu, Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya Suryawan Putra Hia mengatakan bahwa Kota Malang memiliki potensi pada sektor wisata yang cukup besar. Sehingga, pengembangan Stasiun Kota Malang perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan.

"Stasiun Kota Malang merupakan stasiun heritage, dengan pertumbuhan penumpang yang cukup tinggi," kata Suryawan.

Baca juga: Pemkot Malang siapkan Rp16 miliar kembangkan kawasan Kayutangan

Suryawan menambahkan keberadaan Stasiun Kota Malang merupakan salah satu penunjang dalam pengembangan sektor pariwisata di Kota Malang. Hal tersebut dikarenakan tren pengguna jasa angkutan kereta api tiap tahunnya mengalami peningkatan.

Dalam rencana jangka panjang, pengembangan Stasiun Kota Malang akan menjadi kawasan yang mengadopsi tata ruang campuran dan memaksimalkan penggunaan angkutan massal.

"Kami akan fokus pada peningkatan pelayanan. Pengembangan juga akan menyesuaikan, dimana stasiun akan dikembangkan menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD)," kata Suryawan.

Rencananya, bangunan stasiun tahap pertama tersebut akan memiliki luas kurang lebih 2.086 meter persegi. Antara bangunan baru dan Stasiun Malang Kota yang lama akan dihubungkan dengan menggunakan skybridge.

Konsep desain yang diusung dalam pembangunan tahap pertama tersebut terinspirasi dari bentuk Gunung Putri Tidur yang terletak di antara Kabupaten Malang dan Kota Batu. Bangunan itu nantinya akan mengedepankan konsep ramah lingkungan untuk sirkulasi udara.

Baca juga: Layak dicoba, travelling ke Malang naik kereta api

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019