counter

Pomnas XVI 2019

Banten juarai basket putri usai tekuk Jakarta 55-51

Banten juarai basket putri usai tekuk Jakarta 55-51

Timnas bola basket putri Banten rebut medali emas POMNAS 2019. ANTARA/HO/POMNAS

Sebetulnya tidak ada target untuk menang, anak-anak hanya melakukan selama ini yang dilatih dengan konsisten. Mau menang atau kalah saya sudah bangga
Jakarta (ANTARA) - Tim basket putri Banten berhasil menjuarai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI 2019 setelah mengalahkan tim DKI Jakarta 55-51 pada inal yang berlangsung di Hall A Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Selasa.

Tim asuhan Fajar Kusumasari ini menguasai permainan dan selalu memimpin pada setiap kuarter, masing-masing 20-13, 31-28, 40-42, dan 55-51.

"Sebetulnya tidak ada target untuk menang, anak-anak hanya melakukan selama ini yang dilatih dengan konsisten. Mau menang atau kalah saya sudah bangga," kata Fajar usai pertandingan di Jakarta, Selasa.

Menurut Fajar, situasi ini justru membuat pemainnya bermain tanpa tekanan dan bisa lebih bersemangat sehingga membuahkan kemenangan bagi tim.

Pada pertandingan ini, keunggulan Banten juga terlihat dari teknis permainan dengan catatan 7 rebound dan biggest point lead mencapai 11 (26-15), sementara Jakarta hanya 43 rebound dengan 4 point lead (38-42).

Selain itu, kemenangan Banten atas tuan rumah juga sekaligus untuk membalas dari kekalahan saat keduanya bertemu pada kualifikasi grup.

Baca juga: DKI Jakarta borong emas pada cabor renang POMNAS 2019

Banten mendapat pelajaran dari kekalahan ini dan menyadari memiliki kekurangan di lini pertahanan sehingga penyerang Jakarta bisa dengan mudah menerobos pertahanan Banten.

"Kemarin kalah di grup itu justru jadi evaluasi, PR hari ini untuk cari perbaikan dari kesalahan kemarin. Kalau menurut saya yang kurang defend, terakhir ketemu mereka penjagaan kami sangat lembek jadi mudah kelewatan," pungkas Fajar.

Dalam pertandingan final ini Banten sempat tertinggal dari Jakarta pada paruh awal kuarter keempat dalam posisi 46-49, yang ditengarai akibat mulai mengendurnya lini pertahanan.

"Di kuarter keempat anginnya kena, penjagaan juga jadi lembek mungkin karena anak-anak sudah mulai capek," katanya menambahkan.

Pada nomor putra, tim Banten juga akan memperebutkan gelar juara Pomnas 2019 dengan Jawa Tengah pada final di lokasi yang sama.

Baca juga: Kania Ratih pecahkan rekornas 50m gaya bebas putri

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar