Pengusaha Babel gandeng Thailand buka peluang usaha bersama

Pengusaha Babel gandeng Thailand buka peluang usaha bersama

Ketua Umum Japnas Babel Basit Cinda (kanan) ketika melakukan dialog informal dengan perwakilan pengusaha Thailand dalam Business Matching 2019 di Pangkalpinang, Selasa (24/9/2019). babel.antaranews.com/Irwan Arfa

Pangkalpinang (ANTARA) - Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Provinsi Bangka Belitung membuka peluang usaha dengan pengusaha Thailand yang tergabung dalam Young Enterpreneur Network Development (YEN-D).

Kepada ANTARA di Pangkalpinang, Selasa, Ketua Umum Japnas Babel Basit Cinda mengatakan,peluang usaha didapatkan dalam Business Matching 2019 yang merupakan pertemuan pengusaha Asia Tenggara.

Pertemuan yang digelar pada 21-22 September itu diselenggarakan untuk mencari dan menyinergikan peluang yang dapat dikerjasamakan antara pengusaha Indonesia dengan pengusaha Asia Tenggara.

Baca juga: Pengusaha Babel diminta hentikan ekspor lada ke Vietnam

Setelah berdialog mengenai potensi yang ada, Japnas Babel menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan pengusaha Thailand.

Setidaknya, ada tiga peluang usaha dengan nilai 1,3 juta dolar AS yang dapat dikerjasamakan dan disinergikan dengan pengusaha Thailand.

Peluang pertama berupa impor sayur dan buah dari Thailand yang akan direalisasikan melalui kerja sama dengan pengusaha dari daerah lain.

Kemudian, dilanjutkan dengan pendirian outlet ritel sayur dan buah di sejumlah lokasi di Bangka Belitung agar masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan komoditas tersebut.

Baca juga: 98 persen hortikultura indonesia dari impor

"Kegiatan ini juga untuk membatu dalam menjaga ketahanan dan stabilitas inflasi di Bangka Belitung," katanya.

Sedangkan peluang kerja sama selanjutnya adalah memberikan edukasi tentang pembuatan kemasan (packaging) bagi pelaku usaha di Bangka Belitung.

"Teknologi kemasan di Thailand sangat bagus. Akan ada edukasi untuk menduplikasi teknologi kemasan terhadap UKM yang menjadi binaan Japnas," ujar Basit Cinda yang juga Ketua KNPI Kota Pangkalpinang itu.

Ia menambahkan kerja sama dan sinergi itu diharapkan dapat meningkatkan geliat ekonomi di Bangka Belitung, termasuk mengakomodasikan kepentingan pengusaha lokal.

Baca juga: Kementan batasi tujuh komoditas hortikultura impor

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Upaya memperkuat pangsa Pasar Pelaku UMKM

Komentar