ACT-MRI se-Jatim galang bantuan korban asap

ACT-MRI se-Jatim galang bantuan korban asap

Kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh ACT-MRI Jatim untuk korban kabut asap (Ist)

Sidoarjo (ANTARA) - Organisasi nirlaba profesional aksi cepat tanggap-masyarakat relawan Indonesia (ACT-MRI) se-Jatim menggalang bantuan dana untuk membantu korban kabut asap yang menyelimuti Sumatera dan Kalimantan yang saat ini masih terus terjadi.

Wahyu Sulistianto Putro selaku Kepala Program ACT Jawa Timur, di Surabaya, Selasa mengatakan, kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan ini sangat mengganggu masyarakat.

"Kebutuhan masker dan air purifier tak dapat dihindari lagi karena pekatnya asap dan berefek pada udara yang makin tidak sehat. Masyarakat banyak yang mengeluhkan penyakit ISPA," ujarnya.

Merespon tragedi tersebut ACT-MRI se Jawa Timur melakukan aksi serentak untuk menggalang kepedulian masyarakat untuk membantu Saudara sebangsa yang terdampak bencana kabut asap.

Baca juga: BMKG: pengerahan relawan ACT atasi karhutla aksi kemanusiaan nyata

Baca juga: BMKG: Relawan-masyarakat waspadai hujan di wilayah kebakaran hutan


"Aksi ini dilaksanakan di beberapa daerah mulai Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Malang, Madiun, Jember dan beberapa daerah lainnya," ujarnya.

Di Surabaya, kata dia, aksi ini dilaksanakan di Car Free Day Masjid Al Akbar Surabaya dengan menggandeng beberapa komunitas untuk menggalakkan aksi kepedulian ini.

"Ada pula komunitas yang langsung bergabung di lokasi," kata dia

Ia menjelaskan, komunitas musik perkusi tanpa diminta mereka langsung bergabung untuk menghibur selama penghimpunan donasi.

"Selain itu kepedulian untuk saudara sebangsa yang terdampak kabut asap juga tampak di titik lain di CFD Alun-Alun Sidoarjo, dan di CFD Alun-Alun Mojokerto," ucapnya.

Ia menyampaikan aksi serentak ini adalah bentuk kepedulian ACT bersama relawan untuk turut meringankan beban masyarakat terdampak bencana.

"Hasil penggalangan kepedulian masyarakat ini akan langsung disalurkan untuk kebutuhan masyarakat bukan hanya masker tapi juga kebutuhan sehari-hari mengingat sulitnya akses transportasi akibat asap, rencananya kami dari ACT akan mengirimkan kapal kemanusiaan darurat asap," katanya.

Menurut dia, ACT telah mengirimkan ribuan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak asap. Ratusan ton bantuan logistik yang dikirim akan didistribusikan secara bertahap ke sejumlah wilayah terdampak dengan kapal kemanusiaan.

ACT Jatim membuka pusat layanan bantuan bagi masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya yang ingin menunjukkan aksi kepeduliannya bagi saudara sebangsa yang terpapar kabut asap.

"Selain donasi berupa uang, donasi juga bisa diberikan dalam bentuk beras, air mineral, susu kemasan, kacang hijau, gula putih dan masker N95. Bantuan bisa dikirimkan di Kantor ACT Jatim, Jl. Gayungsari Barat X, No. 41 Surabaya," katanya.

Baca juga: ACT Sumut kirim ratusan ton bantuan ke Riau

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menengok kampung bebas asap rokok pertama Ibu Kota

Komentar