Kami minta sekolah-sekolah tetap beraktivitas seperti biasa. Jangan mudah percaya atau terprovokasi dengan hasutan-hasutan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, kata Kompol Nyoman Punia
Timika (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Mimika dibantu personel Brimob BKO dari Polda Maluku Utara dan Polda Gorontalo serta Brimob Detasemen B Polda Papua sejak Selasa pagi disiagakan di beberapa obyek vital dan strategis di Kota Timika.

Waka Polres Mimika Komisaris Polisi I Nyoman Punia di Timika, Selasa, mengatakan, penempatan personel untuk menjaga obyek-obyek vital dan strategis dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya aksi anarkis oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sebagaimana terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan Waena Jayapura pada Senin (23/9).

"Kami harapkan masyarakat Mimika tidak termakan isu dan provokasi yang dapat merugikan kita semua. Kami dari pihak keamanan, yaitu TNI dan Polri siap memberikan jaminan rasa aman kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Mimika sehingga diharapkan warga tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa," kata Kompol Nyoman.

Baca juga: Aktifitas penerbangan ke Wamena mulai normal

Sejumlah obyek vital dan strategis yang kini dijaga ketat oleh aparat kepolisian di Kota Timika seperti Kantor Bupati Mimika, Kantor DPRD Mimika, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Timika, Kantor PLN Area Timika dan PT Telkom.

Di Kantor Bupati Mimika yang berlokasi di Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana, sebanyak 12 personel Brimob BKO dari Polda Gorontalo disiagakan lengkap dengan peralatannya.

Selain itu, terdapat 80 personel gabungan TNI dan Polri melakukan patroli keliling Kota Timika, terutama lokasi-lokasi yang dianggap rawan dan biasanya menjadi titik kumpul masyarakat.

Baca juga: Polisi klaim situasi Kota Wamena berangsur kondusif

Sejak pecahnya kerusuhan di Wamena dan Expo Waena Jayapura pada Senin (23/9), status keamanan termasuk di Mimika ditingkatkan menjadi siaga satu.

Sehubungan dengan meningkatnya status keamanan di wilayah Papua, termasuk di Mimika itu, pihak kepolisian mengimbau sekolah-sekolah mulai dari jenjang taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi untuk tetap menggelar aktivitas belajar-mengajar.

Baca juga: Papua Terkini - Polisi buru penyebar hoaks di Wamena

"Kami minta sekolah-sekolah tetap beraktivitas seperti biasa. Jangan mudah percaya atau terprovokasi dengan hasutan-hasutan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Kompol Nyoman Punia.

Saat ini, katanya, anggota Bhabinkamtibmas Polres Mimika menyambangi sekolah-sekolah untuk memberikan penjelasan dan imbauan kepada pihak sekolah agar tidak terpengaruh dengan berbagai informasi hoaks yang beredar melalui media sosial.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019