Memang benar aktifitas pelayanan di perbankan masih lumpuh karena belum beroperasi pasca demo yang terjadi di wilayah tersebut
Jayapura (ANTARA) - Operasional perbankan di Wamena pasca aksi demo anarkis hingga Selasa (24/9) masih lumpuh.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Naek Tigor Silaban kepada Antara di Jayapura, Selasa malam mengakui, hingga Selasa (24/9) belum ada aktifitas perbankan di Wamena.

"Memang benar aktifitas pelayanan di perbankan masih lumpuh karena belum beroperasi pasca demo yang terjadi di wilayah tersebut," katanya.

Tercatat empat bank yang beroperasi di Wamena yaitu BPD Papua, BRI, BNI dan Bank Mandiri serta satu BPR Irian Sentosa, kata Silaban seraya menambahkan walaupun operasional perbankan belum aktif namun ketersediaan uang tunai di ATM tetap terpenuhi.

ATM milik keempat bank tetap beroperasi dan kebutuhan uang tunai tetap tersedia, dan uang yang dititipkan di kantor kas BPD Papua Wamena aman, kata Naek Silaban.

Baca juga: Lembaga penyalur BBM di Wamena beroperasi setelah situasi kondusif

Direktur BPD Papua Zendarto secara terpisah mengatakan, kantor BPD Papua di Wamena hingga kini belum beroperasi karena termasuk yang dirusak pendemo.

Bahkan rumah dinas, kantor kas pembantu dan kendaraan operasional ludes dibakar hingga menyebabkan para karyawan ketakutan dan mengungsi ke Mapolres Jayawijaya di Wamena.

Namun dalam aksi demo di Wamena tidak ada ATM yang dirusak atau dijarah dan bila kondisi keamanan sudah kondusif, Rabu (25/9), BPD Papua akan kembali beroperasi, kata Zandarto.
​​​
Baca juga: Kominfo batasi akses internet di Wamena

Baca juga: PLN Papua masih inventarisir kerusakan UP3 Wamena

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019