Liga 1 Indonesia

Persebaya ditahan imbang Bali United 1-1

Persebaya ditahan imbang Bali United 1-1

Fadil Sausu saat melakukan tendangan bebas yang berujung gol penyama kedudukan di laga pekan ke-20 Liga 1 Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (24/09/2019) malam. (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Persebaya ditahan imbang Bali United dengan skor 1-1 di laga pekan ke-20 lanjutan Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa malam.

Gol Persebaya dicetak Osvaldo Haay menit ke-34, sedangkan gol balasan tim tamu dilesakkan Fadil Sausu.

Sejak wasit Oki Dwi Putra asal Jawa Barat meniup peluit kick off, Persebaya yang didukung 50 ribu suporternya tampil menggebrak dan menciptakan beberapa peluang.

Di lini depan, kecepatan David Da Silva yang dibantu Diogo Campos dan Osvaldo Haay membuat barisan pertahanan tim tamu harus bekerja ekstra keras.

Menit ke-17, Persebaya nyaris membuka keunggulan, namun sayang tendangan voli kaki kanan Diogo Campos masih membentur mistar gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Serdadu Tridatu, julukan Bali United, bukannya tanpa peluang, sebab beberapa kali Antonius Melvin Platje mengancam gawang Persebaya yang dijaga Miswar Saputra.

Gol Bajol Ijo, julukan Persebaya, tercipta menit ke-34 melalui gol yang dicetak Osvaldo Haay yang memanfaatkan kemelut di muka gawang Wawan Hendrawan.

Bermula dari aksi ciamik David Da Silva mengelabui satu pemain lawan, pemain asing asal Brazil itu memberi umpan mendatar yang langsung disambar Diogo Campos sembari menjatuhkan badan, tapi bola masih diblok kiper Bali United.

Bola liar di mulut gawang langsung disambar Osvaldo Haay menggunakan sepakan voli dan merobek jala Bali United.

Serangan cepat

Tertinggal, Bali United mencoba membalas dan mengandalkan serangan-serangan cepat dari Stefano Lilipaly dan Paulo Sergio, tapi penampilan cemerlang Miswar Saputra masih menggagalkan peluang lawan.

Hingga 45 menit babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Baca juga: Persebaya unggul 1-0 atas Bali United di babak pertama

Meski sudah unggul, di awal babak kedua, Persebaya tetap tampil menyerang dan tercatat dua peluang Diogo Campos nyaris memperbesar kedudukan.

Melihat timnya tertekan, pelatih Bali United Stefano Cugurra melakukan penyegaran dengan memasukkan Irfan Bachdim menggantikan Stetano Lilipaly.

Hal serupa dilakukan Asisten Pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro yang menarik keluar Supriyadi dan memasukkan Fandi Eko Utomo.

Peluang emas

Peluang emas Bali United terjadi menit ke-78 melalui Paulo Sergio yang melakukan tendangan menyusur tanah dari dalam kotak penalti, tapi masih melenceng di sisi kanan gawang Miswar Saputra.

Peluang balasan Persebaya terjadi dua menit kemudian saat David Da Silva yang menang adu sprint tinggal berhadap-hadapan dengan kiper, tapi tendangannya masih lemah dan bisa ditangkap Wawan Hendrawan.

Gol yang ditunggu-tunggu tim tamu akhirnya terjadi pada menit 88 setelah kapten tim Fadil Sausu sukses menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas kaki kiri.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor sama kuat tidak berubah.

Baca juga: Wolfgang Pikal belum bisa dampingi Persebaya lawan Bali United

Baca juga: Bali United yakin kalahkan Persebaya

Baca juga: Persebaya tak gentar hadapi Bali United


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Persebaya juara Piala Gubernur Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar