Jakarta (ANTARA) - Mantan petenis peringkat satu dunia Andy Murray memenangi pertandingan kategori tunggal untuk pertama kalinya pada level tur ATP sejak Januari, berkat kemenangan 6-3, 6-7(6), 6-1 atas petenis AS Tennys Sandgren pada putaran pertama Kejuaraan Zhuhai di Guangdong, China, pada Selasa malam WIB.

Murray, yang kemenangan terakhirnya di level tur didapat di Brisbane sebelum Australia Open, meraih dua kemenangan di Rafa Nadal Open - turnamen level ATP Tour Challenger - pada bulan lalu. Sebelum ia memilih untuk kembali ke tur ATP untuk tampil di Asia.

"Setelah operasi pada Januari, ini terasa sulit dan tidak jelas apakah saya akan tetap bermain atau tidak," kata Murray seperti dikutip Reuters, setelah mencatatkan kemenangan perdananya di level tur sejak menjalani operasi pangkal paha..

"Namun saya benar-benar senang saya benar-benar mendapatkan kemenangan pada hari ini dan mudah-mudahan saya akan mampu meneruskannya."

Baca juga: Kian fokus ke tunggal, Murray terjun ke Challenger Tour

Murray sempat bermain pada awal tahun ini, namun ia hanya bermain di kategori ganda sebelum kembali tampil di Cincinnati Masters dan Winston-Salem Open. Pada kedua turnamen itu, ia tersingkir pada putaran pertama.

Petenis 32 tahun itu melepaskan 13 ace dan tidak menghadapi satu break point pun sepanjang pertandingan yang berlangsung selama dua jam 41 menit.

Baca juga: Murray berharap fit tahun depan untuk hadapi Federer dan Nadal

Murray memiliki peluang untuk memenangi pertandingan dengan dua set langsung ketika ia menggenggam match point pada kedudukan 6-5 di tiebreak set kedua, namun Sandren memenangi tiga poin berikutnya untuk memaksakan dimainkannya set ketiga.

Namun Sandgren tidak dapat berbuat banyak di set ketiga. Servenya dua kali dipatahkan untuk membawa Murray memimpin 4-0, dan petenis AS itu juga sempat harus meminta medical timeout untuk merawat kakinya.

Baca juga: Federer akan jadi ujian pertama Murray di ATP Cup

Sandgren, yang saat ini menduduki 344 posisi di atas Murray, mampu menghasilkan angka dari servisnya satu kali namun tidak mampu menghentikan laju Murray untuk menutup laga.

Murray selanjutnya akan melawan unggulan ketujuh Alex De Minaur.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019