Batan bantu perbaikan varietas padi lokal Landak dengan teknik radiasi

Batan bantu perbaikan varietas padi lokal Landak dengan teknik radiasi

ILUSTRASI: Program perbaikan varietas padi dengan teknik radiasi, diharapkan dapat memperpendek umur tanam, mencegah penyakit dan hama sehingga menghasilkan padi yang bermutu dan bernilai jual tinggi tanpa mengurangi rasa dari beras, serta bertujuan meningkatkan kehidupan petani lokal. ANTARA/Dok. AB2TI/am.

Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, mendapatkan bantuan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) untuk perbaikan kualitas varietas padi lokal Palawakang yang saat ini dikembangkan Pemkab Landak.

"Kami dari BATAN melakukan pertemuan dengan Ibu Karolin selaku Bupati Landak dan kami ingin mengetahui secara langsung kegiatan penelitian perbaikan varietas padi Palawakang yang saat ini dilaksanakan oleh Dinas pertanian perikanan dan ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak. Kami bermaksud untuk membantu perbaikan kualitas padi tersebut dengan teknik radiasi yang sedang kita kembangkan, " kata Kepala sub bagian perjanjian kerja sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Venuesiana Dewi Koraag, di Ngabang, Rabu.

Dewi menjelaskan, program perbaikan varietas padi lokal terutama padi Palawakang sangat penting baik pemenuhan kebutuhan beras di daerah kabupaten landak khususnya dan provinsi Kalimantan Barat.

"Selain itu dengan adanya program perbaikan varietas padi Palawakang dengan teknik radiasi, diharapkan dapat memperpendek umur tanaman, mencegah penyakit dan hama sehingga menghasilkan padi yang bermutu dan bernilai jual tinggi tanpa mengurangi rasa dari beras itu sendiri. Selain itu, bertujuan meningkatkan kehidupan petani lokal," tuturnya.

Baca juga: Nuklir bermanfaat bagi produktivitas pertanian rakyat, sebut Batan

Baca juga: Lamongan gandeng Batan kembangkan pertanian dengan teknologi nuklir


Dia menambahkan selain pembahasan perbaikan varietas padi lokal Palawakang, pihaknya juga memberikan pengetahuan tentang teknologi Nuklir di berbagai bidang yang kemungkinan dapat dimanfaatkan untuk daerah Kabupaten Landak.

Dewi juga menyampaikan pertemuannya dengan Bupati Landak Karolin terkait rencana penandatangan kerja sama antara Batan dengan Kabupaten Landak dalam waktu dekat.

"Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, Batan dapat memberikan sumbangsih melalui iptek nuklir dalam berbagai aspek kehidupan sehingga diharapkan kabupaten landak lebih maju melalui inovasi teknologi," Ulkata Dewi.

Karolin pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Batan yang telah mau bekerja sama dan membantu pemerintah Kabupaten Landak dalam membantu pengembangan varietas padi lokal Kabupaten Landak.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Badan Tenaga Nuklir Nasional yang telah mau bekerja sama dan membantu pemerintah Kabupaten Landak dalam Program Perbaikan varietas Padi Lokal Palawakang. Saya secara pribadi sangat yakin sekali bahwa nuklir juga bisa bermanfaat untuk bidang lain," kata Karolin.*

Baca juga: Kementan gandeng BATAN memacu ekspor produk pertanian

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar