Kami juga ikut memberikan masukan kepada mereka untuk perbaikan kualitas rumput laut
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, unit usaha PT Pertamina EP, Rabu, meresmikan program pemberdayaan masyarakat Karawang, Jawa Barat, dengan menggelar rangkaian kegiatan bertema Seanergy Pesisir Berseri sebagai komitmen memberdayakan masyarakat di sekitar operasi perusahaan.

Pertamina EP Asset 3 Tambun Field Manager, Ceppy Agung Kurniawan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu, mengatakan ada empat rangkaian kegiatan dalam program tersebut, yaitu peresmian gudang Koperasi Mina Agar Makmur, peresmian Dapur Kreatif Anugerah Pertiwi, peluncuran aplikasi Seanergy, dan deklarasi serta penandatanganan komitmen Karawang Bebas Pernikahan Dini dan Kekerasan Perempuan, Anak Semakin Maju dan Mandiri (Karawang Berseri).

Ia mengatakan gudang rumput laut yang dibangun di Desa Sedari merupakan pengembangan Koperasi Mina Agar Makmur. Sebelumnya Koperasi Mina Agar Makmur hanya memiliki satu gudang di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya. Namun, produksi rumput laut yang terus meningkat setiap tahun membuat kapasitas gudang Koperasi Mina Agar Makmur sudah tidak mampu lagi menampung lagi.

"Melihat kondisi tersebut, kami berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar memberikan bantuan gudang rumput laut di Desa Sedari. Gudang baru rumput laut ini merupakan bentuk ekspansi mitra binaan Pertamina Asset 3 Tambun Field agar penerima manfaat program semakin luas," ujar Ceppy.

Selain peresmian gudang baru, Pertamina EP Asset 3 Tambun Field juga meluncurkan aplikasi Seanergy untuk mendukung sistem pencatatan kegiatan Koperasi Mina Agar Makmur. Sebelumnya pencatatan koperasi masih manual. Data-data koperasi kurang tercatat dengan baik menggunakan sistem manual. 

"Dengan aplikasi Seanergy data koperasi dapat terdokumentasi dan tertata dengan baik,” ujarnya. Ceppy Agung berharap dengan adanya aplikasi Seanergy, data-data koperasi dapat terintegrasi dalam perangkat digital sehingga tidak khawatir kehilangan data.

Usup Supriatna, Ketua Koperasi Mina Agar Makmur, mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh Pertamina EP Asset 3 Tambun Field. Dia berharap dengan adanya gudang baru, produksi kelompok dapat terus meningkat.

Dia juga mengaku senang karena telah dibuatkan aplikasi Seanergy. "Dengan adanya aplikasi ini, pengelolaan data petani tambak dan produksinya akan menjadi sistematis,” ujarnya.

Direktur PT Agarindo Bogatama Soerianto Kusnowirjono menambahkan Agarindo mendukung pengembangan dan pengelolaan hulu-hilir rumput laut oleh Koperasi Mina Agar Makmur. Apalagi, Agarindo menyerap sekitar 1.500 ton rumput laut yang dihasilkan Koperasi Mina Agar Laut dari total penyerapan setiap tahun sekitar 15.000-18.000 ton per tahun.

"Kami juga ikut memberikan masukan kepada mereka untuk perbaikan kualitas rumput laut. Ini kan secara langsung akan meningkatkan harga beli ke produsen," ujarnya.

Sebagai bentuk komitmen untuk terus menebarkan kebermanfaatan bagi masyarakat, Pertamina EP Asset 3 Tambun Field juga meresmikan program pemberdayaan masyarakat baru yakni Program Olahan Rumput Laut dengan sasaran Kelompok Anugerah Pertiwi yang berada di Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya.

Bekerjasama dengan BBP2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan, kelompok yang sebagian besar anggotanya terdiri dari ibu-ibu ini kini mampu membuat olahan rumput laut jenis Glacilaria sp berupa Agar Strip. Agar Strip merupakan makanan yang mengandung serat tinggi dan cocok dijadikan menu diet. Makanan tersebut banyak dipasarkan di luar negeri seperti Jepang dan Cina.

"Agar Strip yang dihasilkan Kelompok Anugerah Pertiwi merupakan produk Agar Strip pertama dan satu-satunya yang diproduksi di Indonesia," ujar Wahidin, Pelaksana Tugas Kepala BBP2HP.

Selain itu, demi mendukung Program Karawang Bebas Pernikahan Dini dan Kekerasan Perempuan, Anak Semakin Maju dan Mandiri (Karawang Berseri), segenap tim manajemen, pekerja dan mitra binaan yang hadir dalam acara tersebut melakukan deklarasi dan penandatanganan komitmen pencegahan kekerasan perempuan dan anak.

Kegiatan tersebut merupakan langkah awal dari tim internal dan mitra binaan untuk turut mendukung program Pemerintah Kabupaten Karawang dalam rangka mewujudkan perlindungan terhadap perempuan dan Kota Layak Anak.

Dari sisi produksi, hingga 20 September 2019, produksi Tambun Field mencapai 1.683 BOPD minyak dan gas 31,55 MMSCFD. Sementara produksi minyak Pertamina EP Asset 3 tercatat 13.049 BOPD minyak dan 259,7 MMSCFD gas.

Baca juga: Pertamina EP raih empat penghargaan pembangunan berkelanjutan 2019
Baca juga: Pertamina EP bantu tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019