Pekan Budaya Sentani Jadi Wadah Kebudayaan Kab. Jayapura

Pekan Budaya Sentani Jadi Wadah Kebudayaan Kab. Jayapura

Tarian Adat yang dibawakan masyarakat asli sentani dari Ifar Besar dalam pembukaan Pekan Budaya di Pantai Howe.(foto: Alam Youwe)

Sentani (ANTARANews) - Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura menggelar Pekan Budaya Sentani (PBS) yang berlangsung selama lima hari di Pantai Howe, Distrik Sentani Kota, 27-31 Agustus 2019 lalu.

Pagelaran pekan budaya sentani di antaranya menyuguhkan tarian adat masyarakat asli Sentani. Seperti, Tarian Isolo (tarian diatas perahu) serta kuliner tradisional dan permainan tradisional.

Pekan budaya ini untuk mengembangkan potensi pesona alam lokal dan kemampuan pelayanan publik serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah dari sektor pariwisata.

Di sisi lain PBS juga merupakan wadah untuk membangkitkan jati diri orang Sentani. Acara ini seperti obat penawar rindu kepada Festival Danau Sentani yang ditunda akibat bencana banjir bandang pada bulan maret lalu. Sehingga pekan budaya ini disambut antusias oleh masyarakat adat Sentani. Animo masyarakat dari setiap kampung penuh semangat dan kompak saat mempertontonkan keunikan ragam tarian budaya di hadapan pengunjung yang datang.

"Ini bentuk kerinduan dari masyarakat Sentani. Mereka ingin mengembalikan jati diri mereka dan memperkenalkan kembali, bagaimana jati diri mereka dapat diangkat kembali ke permukaan," kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di sela-sela Pekan Budaya.

Menurut Bupati, selama ini banyak dari masyarakat adat menganggap budaya dari sentani hampir terkubur.

Oleh karena itu dengan acara-acara seperti ini budaya Sentani mendapat perhatian kembali dari masyarakat umum dan pemerintah. Sehingga, wadah seperti ini dapat memacu generasi muda untuk kembali mengenal jati dirinya yang masih ada hingga saat ini.

"Komitmen pemerintah, akan mensuport hal-hal seperti begini. Yang kita harapkan dengan potensi yang ada kita akan angkat menjadi event pariwisata yang lebih bagus, sehingga potensi yang sudah tidak ada akan bangkit kembali,"tuturnya.(ADV)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Memajukan budaya melalui ruang interaksi

Komentar