Kesehatan lingkungan jadi penentu daya saing pariwisata

Kesehatan lingkungan jadi penentu daya saing pariwisata

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara Mulyaji saat menyampaikan sambutan pada rapat koodinasi soal kesehatan lingkungan dengan 191 perangkat desa dan kelurahan di Pendopo Kartini Jepara, Rabu (25/9/2019). ANTARA/Dokumentasi Pemkab Jepara

Bidang kesehatan lingkungan harus dijaga bersama-sama
Jepara (ANTARA) - Pemerintah desa mesti bersinergi dengan warganya dalam mewujudkan kesehatan lingkungan karena menjadi salah satu penentu daya saing pariwisata, kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara, Jateng, Mulyaji.

"Kabupaten Jepara memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan. Hanya saja, untuk mengembangkannya menjadi lebih baik lagi perlu dukungan banyak pihak, terutama di bidang kesehatan lingkungan harus dijaga bersama-sama," ujarnya ketika menghadiri rapat koodinasi dengan 191 perangkat desa dan kelurahan di Pendopo Kartini Jepara, Rabu.

Rakor bertema "Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Mewujudkan Jepara Sehat" menghadirkan tiga pembicara dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Baca juga: Warga rusun butuh tiga tahun ubah kebisaan buang sampah sembarangan

Menurut dia, berbagai aspek penunjang pariwisata harus diperhatikan, salah satunya aspek kesehatan lingkungan, yang di antaranya meliputi kebersihan lingkungan dan kebersihan makanan yang disediakan.

Kabupaten Jepara memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan, lanjutnya, maka masyarakat dituntut mampu memaksimalkan potensi tersebut.

Oleh karena itu, dia meminta komitmen seluruh perangkat desa dan kelurahan, serta dapat bersinergi dengan warganya dalam mewujudkan kesehatan lingkungan di wilayahnya masing-masing.

"Setelah menghadiri acara ini, informasi yang diperoleh bisa diaplikasikan di tengah-tengah kehidupan sosial. Dengan banyaknya informasi yang diberikan tentunya lingkungan desa atau kelurahan semakin hari semakin bertambah sehat," ujarnya.

Jika kesehatan lingkungan masyarakat dan wisatawan dijaga dengan baik, dia optimistis, aktivitas pariwisata akan berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Terumbu karang perairan Jepara mulai diminati wisatawan

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkab Kubu Raya gelar tes GeNose C19 di lingkungan sekolah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar