Ekonomi Lampung tumbuh 5,62 persen

Ekonomi Lampung tumbuh 5,62 persen

Kepala Perwakilan BI Lampung Budiharto Setyawan (baju batik) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

pertumbuhan ekonomi Lampung pada triwulan II-2019 ditopang oleh konsumsi dan investasi
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Lampung mengatakan bahwa perekonomian Lampung pada triwulan II-2019 tumbuh kuat sebesar 5,62 persen (year on year).

"Ekonomi Lampung itu telah melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi di periode yang sama selama tiga tahun terakhir, maupun pertumbuhan ekonomi Sumatera (4,62 persen/yoy) dan nasional (5,05 persen/yoy)," kata Kepala BI Perwakilan Lampung Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan pencapaian tersebut menjadikan Lampung menempati posisi kedua pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera, setelah Sumatera Selatan (5,80 persen/yoy).

Baca juga: Presiden harap Tol Trans Sumatera dorong pertumbuhan ekonomi

Sesuai dengan pola musimannya, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi di periode laporan tercatat lebih tinggi dibandingkan triwulan I-2019 sebesar 5,21 persen (yoy).

Di sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi Lampung pada triwulan II-2019 ditopang oleh konsumsi dan investasi.

Selain itu, perbaikan ekspor juga mendorong ekonomi Lampung tumbuh kuat, meskipun masih belum mampu mengimbangi impor yang tumbuh lebih tinggi.

Budi menjelaskan di sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi Lampung ditopang oleh sektor sekunder dan tersier. Kinerja sektor sekunder tumbuh signifikan sejalan dengan lapangan usaha industri pengolahan yang mampu tumbuh dua digit 11,46 persen (yoy).

"Di samping itu, sektor tersier juga menjadi penopang pertumbuhan, khususnya lapangan usaha pengadaan listrik dan gas yang tumbuh signifikan sebesar 16,26 persen (yoy)," tambah Budi.

Baca juga: BI : kajian regional untuk ukur perekonomian nasional

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar