Adira Finance akan promosikan kearifan lokal Sulsel melalui festival

Adira Finance akan promosikan kearifan lokal Sulsel melalui festival

Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel, Kemal Redindo (kiri), Kepala Wilayah Area Sulampapua Adira Finance, Nanang Kurniawan (kedua dari kiri), Head of Branch SSD (Sales, service, distribution) Adira Finance, Rajaman (kerua dari kanan) pada temu wartawan Festival Pesona Lokal Makassar 2019 oleh Adira Finance di Makassar, Kamis (26/09/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Kami mengajak masyarakat Indonesia mendukung dan mempromosikan kearifan lokal, dengan begitu bisa meningkatkan wisatawan lokal dan mancanegara diikuti peningkatan perekonomian daerah
Makassar (ANTARA) - Adira Finance akan mempromosikan kearifan lokal dari berbagai pelosok Sulawesi Selatan melalui Festival Pesona Lokal Makassar yang akan dihelat di area parkir Mall Pipo Makassar pada 12 Oktober 2019.

Festival Pesona Lokal 2019 yang digelar di tujuh kota se-Indonesia itu menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan objek wisata maupun tempat potensial di daerahnya masing-masing.

"Karena itu, kami mengajak masyarakat Indonesia mendukung dan mempromosikan kearifan lokal, dengan begitu bisa meningkatkan wisatawan lokal dan mancanegara diikuti peningkatan perekonomian daerah," ungkap Kepala Wilayah Area Sulampapua Adira Finance, Nanang Kurniawan pada temu wartawan di Makassar, Kamis.

Mengangkat tema "Rasakan Sensasi Pesona Lokal Adira Finance", kegiatan ini merupakan kali ketiga sejak digelar tahun 2017 dan Makassar menjadi kota kelima dari tujuh kota yang dipilih untuk even budaya tersebut.

Baca juga: Menpan: Saudagar Bugis kembangkan Pariwisata berbasis Kearifan Lokal

Kota lainnya adalah Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan Jakarta yang bertujuan mengenalkan kekayaan budaya dan khas kuliner.

Beberapa pertunjukan pada Festival Pesona Lokal Makassar 2019 yakni parade karnaval budaya, tari lokal kontemporer, lomba desain motif khas lokal kontemporer dengan media tampa bambu, kompetisi ala selebgram, festival kuliner dan foodtruck.

"Beberapa permainan tradisional juga akan kita hadirkan seperti ular tangga. Ini semua untuk menumbuhkan kearifan lokal dari Indonesia khususnya di Makassar," kata Nanang.

Nanang membeberkan pada even serupa, terdapat 40.000 pengunjung tahun 2018 lalu, sehingga tahun ini khusus di Kota Daeng, ia menargetkan 2.500-5.000 pengunjung dengan menghadirkan artis ibukota, salah satunya Zaskia Gotik.

Head of Branch SSD (Sales, Service, Distribution) Adira Finance, Rajaman mengemukakan bahwa pihaknya juga menggelar kompetisi foto dan video bagi sahabat lokal sebagai upaya promosi tempat-tempat hits maupun budaya di era digital agar semakin dikenal publik.

"Syarat kompetisi foto dan video sahabat lokal untuk menjadi nilai tambah yakni mem-follow akun media Adira Finance kemudian dapat mengunghah fotonya di instagram," jelas Rajaman.

Baca juga: Kemensos imbau hidupkan kearifan lokal antisipasi bencana

Festival Pesona Lokal Makassar juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sulsel, yakni Dinas Pariwisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel, Kemal Redindo, even yang diusung Adira Finanve sebagai salah satu program CSR menjadi pintu awal bisa memperkenalkan budaya asli Sulsel ke daerah lain hingga mancanegara.

"Makanya kita berharap yang hadir nanti datang untuk mempromosikan budaya ke daerah luar Sulsel. Sebab kalau bukan kita siapa lagi yang mau menjual dan mempromosikan daerah ini," katanya.

Selain program CSR, Festival Pesona Lokal Makassar 2019 dilaksanakan sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 Adira Finance.

Baca juga: "Festival Pesona Lokal 2019" dikemas dalam karnaval budaya


 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar