Jakarta (ANTARA) - Apple akan mengeluarkan solusi untuk bug yang ditemui jika memasangkan perangkat yang berjalan dengan iOS 13 dan iPadOS dengan keyboard eksternal.

Bug alias kutu dalam bahasa Indonesia adalah cacat desain pada perangkat yang mengakibatkan terjadinya galat sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

"Perangkat lunak yang akan diluncurkan akan memperbaiki masalah yang menyerang aplikasi keyboard pihak ketiga. Masalah ini hanya terjadi jika Anda menyambungkan keyboard pihak ketiga ke iPhone, iPad atau iPod Touch," kata Apple dalam laman resmi untuk bantuan, dikutip Kamis.

Apple mendapati bug di iOS 13 dan iPadOS yang memberikan izin akses penuh pada keyboard eksternal, meski pun tanpa persetujuan pengguna. Keyboard eksternal yang disambungkan ke iOS 13 terdiri dari jenis, yang pertama berupa sistem yang berdiri sendiri (standalone) tanpa akses ke layanan eksternal.

Keyboard jenis kedua dapat meminta akses penuh agar dapat memberikan fitur tambahan.

Apple menyatakan bug ini tidak mempengaruhi keyboard "built-in" maupun keyboard eksternal yang tidak perlu izin penuh ke perangkat yang disambungkan.

Apple meminta pengguna untuk mengecek apakah perangkat tersambung ke keyboard eksternal, melalui Settings > General > Keyboard > Keyboards.


Baca juga: Apple hadiahi bocah penemu bug FaceTime

Baca juga: FaceTime Apple kena bug, begini cara Taylor Swift amankan data digital

Baca juga: Apple matikan sementara FaceTime karena bug


Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019