Jakarta (ANTARA) - Fitur yang paling dinanti pengguna Gmail akhirnya datang juga, Dark Theme, tema gelap yang juga membantu pengguna menghemat daya baterai ponsel.

Tema gelap tersedia baik untuk Android maupun iOS mulai 24 September 2019, kata mengutip pernyataan Google dalam blog resminya, Kamis.

Gmail Dark Theme dirilis beberapa bulan setelah pada awal tahun ini Google meluncurkan Gmail baru yang membantu pengguna melihat lampiran email atau mencari email tertentu dengan cepat.

Berikut cara mengkonfigurasi mode gelap Gmail di Android dan iOS:

- Pada Android 10, di pengaturan sistem Tampilan Android Anda, atur perangkat Anda ke tema gelap--Gmail akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan.

- Pada ponsel Google Pixel, ketika Penghemat Baterai diaktifkan, Gmail akan secara otomatis beralih ke tema gelap. Atau, di Gmail buka Pengaturan> Tema dan pilih "Gelap".

- Untuk iOS 11 atau 12, aktifkan tema gelap dengan masuk ke Pengaturan> Tema Gelap.

- Untuk mengaktifkan tema gelap di iOS 13, atur perangkat Anda ke tema gelap di Pengaturan iOS, dan Gmail, secara default, Gmail akan menyesuaikan. Atau, di Gmail buka Pengaturan> Tema dan pilih "Gelap".

Jika sampai saat ini Anda belum bisa menikmati fitur ini berarti harus menunggu 15 hari lagi sejak 24 September 2019, sebagaimana disampaikan Google.

Demikian juga pada iOS, visibilitas fitur berpotensi diperpanjang 15 hari setelah peluncuran.



Baca juga: Cara memasang mode gelap pada Gmail

Baca juga: Cara cepat bersihkan email di inbox


 

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019