tidak tepat jika jalan tol yang menghubungkan Sadang-Jatiasih dinamai Japek karena Sadang  masuk wilayah Purwakarta, sedangkan Cikampek masuk wilayah Karawang.
Purwakarta (ANTARA) - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengusulkan nama Jalan Tol Japek Selatan (Jakarta-Cikampek) diganti menjadi Japur (Jakarta-Purwakarta) karena jalan tol itu menghubungkan Sadang dan Jatiasih.

"Ruasnya antara Jatiasih-Sadang. Beberapa kali saya baca malah dinamai Jakarta-Cikampek Selatan. Saya harap bisa diganti menjadi Jatiasih-Purwakarta," katanya di Purwakarta, Kamis.

Ia mengatakan, tidak tepat jika jalan tol yang menghubungkan Sadang-Jatiasih dinamai Japek karena Sadang  masuk wilayah Purwakarta, sedangkan Cikampek masuk wilayah Karawang.

Hal tersebut disampaikan karena selama ini penamaan jalan tol itu keliru. Seperti Jalan Tol Jakarta-Cikampek, seharusnya dinamai jalan Tol Jakarta-Cikopo. Penamaan itu terkadang menimbulkan perdebatan, khususnya untuk masyarakat Purwakarta.

Sementara itu, terkait keberadaan Interchange baru, terutama untuk di ruas yang masuk dalam zona Industri, pihaknya masih menunggu pemerintah pusat.

Baca juga: Jasa Marga usulkan tol layang Japek hanya dilalui kendaraan golongan I

Ada tiga gerbang tol baru yang diusulkan oleh Pemkab Purwakarta, yaitu KM 90+400 Cipularang, Gerbang Tol Babakancikao di Pembangunan Jalan Tol Jatiasih-Sadang, dan Cipali di KM 70 untuk kawasan Campaka-Cibatu.

"Semuanya masih dalam tahap proses, ajuan sudah ka iserahkan ke pemerintah pusat, dan saya harap ada yang merespons," kata Anne. 
Baca juga: Warga Bekasi terima ganti rugi proyek Jalan Tol Japek II Selatan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019