Liga Belanda

Feyenoord derita kekalahan perdana, dilumat AZ di hadapan pendukungnya

Feyenoord derita kekalahan perdana, dilumat AZ di hadapan pendukungnya

Gelandang bertahan AZ Alkmaar Calvin Stengs melepaskan tembakan untuk mencetak gol ke gawang Feyenoord dalam laga tunda pekan keempat Liga Belanda di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Kamis (26/9/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@AZAlkmaar)

Jakarta (ANTARA) - Feyenoord menderita kekalahan perdananya di Liga Belanda musim ini usai dilumat 0-3 oleh AZ Alkmaar di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion De Kuip kala menjalani laga tunda pekan keempat, Kamis setempat (Jumat WIB).

Feyenoord yang sejak ditangani oleh Jaap Stam tampil tak terlalu meyakinkan, tidak lagi bisa menghindari kekalahan yang dipersembahkan AZ disokong gol-gol Myron Boadu, Calvin Stengs dan Oussama Idrissi demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Jens Toornstra selamatkan Feyenoord dari kekalahan kontra Emmen

Baca juga: AZ hajar Sparta Rotterdam 5-1


Hasil itu membuat Feyenoord gagal meninggalkan peringkat ke-10 klasemen dengan catatan 10 poin, sedangkan AZ (16) melejit naik ke urutan ketiga.

AZ lebih banyak menguasai bola sepanjang laga dan bisa mengkonversinya menjadi serangan yang cukup efektif, sementara Feyenoord di waktu bersamaan terpaksa mengandalkan tendangan-tendangan spekulasi yang tak membuahkan hasil.

Feyenoord sempat menebar ancaman pada awal laga namun peluang Steven Bergwijn dan Luciano Narsingh berhasil dimentahkan kiper Marco Bizot, sedangkan tendangan jarak jauh Jens Toornstra hanya membentur mistar gawang.

Tim tamu yang bermain lebih sabar tiba-tiba berhasil membuka keunggulan pada menit ke-39 saat umpan kiriman Owen Wijndal berhasil diselesaikan dengan sontekan jarak dekat oleh Boadu.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum dan AZ tetap tampil klinis untuk menggandakannya lima menit selepas sepak lanjut lewat tembakan jarak jauh Stengs yang tak mampu diantisipasi kiper Kenneth Vermeer.

Feyenoord berusaha mengimbangi dan beberapa kali melakukan serangan namun tak banyak bisa membahayakan lini belakang AZ.

Hingga akhirnya pada menit ke-83 harapan Feyenoord dibunuh sepenuhnya oleh AZ lewat gol ketiga yang dicetak Idrissi.

Baca juga: Ajax kembali ke puncak setelah digusur PSV dua jam

Baca juga: Ajax dan PSV berbagi satu poin


Susunan pemain:

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Lutsharel Geertruida, Eric Botthegin, Edgar Ie, Ridgeciano Haps; Renato Tapia (Wouter Burger), Orkun Kokcu (Sam Larsson), Jens Toornstra; Steven Berghuis, Luciano Narsingh, Luis Sisniterra (Naoufal Bannis)
Pelatih: Jaap Stam

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Jonas Svensson, Ron Vlaar, Stijn Wuytens, Owen Wijndal; Fredrik Midstjo (Jordy Clasie), Calvin Stengs (Ferdy Druijf), Teun Koopmeiners; Yukinari Sugawara, Myron Boadu (Dani de Wit), Oussama Idrissi
Pelatih: Arne Slot

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar