Liga Belanda

Klasemen Liga Belanda usai laga tunda, Ajax di puncak ditempel PSV

Klasemen Liga Belanda usai laga tunda, Ajax di puncak ditempel PSV

Penyerang sayap Ajax Quincy Promes merayakan golnya ke gawang Fortuna Sittard dalam laga tunda pekan keempat Liga Belanda di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu (25/9/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Ajax untuk sementara bertahan di puncak klasemen Liga Belanda seusai memenangi laga tunda pekan keempat yang berlangsung sejak Rabu (25/9) malam hingga Jumat dini hari WIB, namun mereka ditempel ketat oleh PSV Eindhoven yang ada di posisi kedua.

Baca juga: Ajax kembali ke puncak setelah digusur PSV dua jam

PSV sebetulnya sempat menggusur Ajax dari puncak klasemen, sebab tim besutan Mark van Bommel itu main lebih dulu dalam rangkaian laga tunda.

Mereka berhasil menang atas tamunya FC Groningen dengan skor 3-1 di Stadion Philips pada Kamis (26/9) dini hari WIB berkat gol-gol Pablo Rosario, Denzel Dumfries dan Bruma.

Akan tetapi, kedudukan mereka di puncak hanya bertahan sejenak, tak sampai dua jam lamanya, sebab dalam pertandingan yang berlangsung belakangan Ajax juga berhasil meraih kemenangan.

Sempat disulitkan oleh Fortuna Sittard hingga turun minum, Ajax sukses menang 5-0 atas tamunya di Johan Crujff Arena, Amsterdam, disokong lima gol yang seluruhnya mereka cetak pada babak kedua.

Kemenangan itu juga diwarnai pecahnya rekening gol Quincy Promes di Ajax dan ia melakukannya tak tanggung-tanggung dengan mengemas trigol.

Hasil itu membuat Ajax kembali ke puncak klasemen. Mereka dan PSV sama-sama sudah mengumpulkan 17 poin, namun Ajax berhak menduduki puncak lagi berkat keunggulan selisih gol.

Baca juga: Feyenoord derita kekalahan perdana, dilumat AZ di hadapan pendukungnya

Sementara itu, laga tunda pekan keempat terakhir yang digelar pada Jumat dini hari WIB, berakhir menjadi tengara kekalahan perdana Feyenoord di Liga Belanda musim ini.

Menjamu AZ Alkmaar di De Kuip, tim besutan Jaap Stam dibuat tak berdaya dan mendapati gawang mereka dibobol oleh Myron Boadu, Calvin Stengs dan Oussama Idrissi tanpa bisa membalas satu gol pun.

Akibat hasil tersebut, AZ kini naik ke urutan ketiga dengan koleksi 16 poin sedangkan Feyenoord (10) terpaut tujuh strip jauhnya di peringkat ke-10.

Berikut hasil laga tunda Liga Belanda yang seharusnya dimainkan pada pekan keempat (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Rabu (25/9) malam hingga Kamis (26/9) dini hari
PSV Eindhoven 3 - FC Groningen 1 (Pablo Rosario 12', Denzel Dumfries 38', Bruma 90+2'; Ramon Lundqvist 70')
Ajax 5 - Fortuna Sittard 0 (Quincy Promes 50', 68', 83', David Neres 53', Cian Harries bd-77')

Jumat (27/9) dini hari
Feyenoord 0 - AZ Alkmaar 3 (Myron Boadu 39', Calvin Stengs 50', Oussama Idrissi 83')

Klasemen

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar