Video baru "Here Comes the Sun" untuk George Harrison

Video baru "Here Comes the Sun" untuk George Harrison

Monumen The Beatles di Rusia. (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Perayaan 50 tahun album Abbey Road milik band The Beatles antara lain ditandai dengan peluncuran video baru untuk lagu dari grup legendaris itu yang berjudul "Here Comes the Sun."

Video itu diluncurkan Kamis (26/9) malam waktu Inggris atas Jumat dini hari WIB di @youtubemusic, dan langsung dirayakan Beatlemania dengan berbagai komentarnya di banyak fanpage Instagram Beatles.

"Here Comes the Sun" merupakan lagu terpopuler dari album terakhir Beatles, Abbey Road, yang dilepas 26 September 1969. Lagu itu gubahan si pendiam George Harrison, yang keberadaannya di grup itu berada di bawah bayang-bayang duo Lennon-McCartney.

Tidak banyak lagu milik George yang ada dalam album-album The Beatles. Tapi "Here Comes the Sun" dan "Something", dua dari segelintir lagu George sebagai Beatle, menjadi lagu penting yang menandai kebesaran The Beatles.

Video resmi "Here Comes the Sun" yang diluncurkan setengah abad setelah peluncuran lagu itu juga terlihat ditujukan untuk mengenang George Harrison, yang meninggal pada 29 November 2001.

Baca juga: Orang berkumpul di Abbey Road rayakan 50 tahun foto album Beatles

Baca juga: "It’s a Wonderful Life", proyek musikal pertama Paul McCartney

 

Tanda itu misalnya tampak dari adanya gambar selembar kertas tulisan tangan George Harrison yang melayang-layang dan animasi pasangan mesra berpenampilan ala dongeng India.

George Harrison adalah anggota The Beatles yang karir bermusik dan kehidupan pribadinya dipengaruhi India dan Hindu. Suara sitar muncul di sejumlah lagu The Beatles dan lagu-lagu solo milik George setelah grup itu bubar tahun 1970.

Video yang isinya berupa perpaduan animasi, foto-foto para Beatle, dan cuplikan video tersebut juga ditutup dengan menampilkan video sosok George Harrison sedang tersenyum.

Video anyar besutan studio Abbey Road itu juga menampilkan gabungan foto-foto dan video anggota The Beatles yang kompak dan ceria, seceria mentari yang dinyanyikan George Harrison di lagu "Here Comes the Sun."

Baca juga: Paul McCartney ungkap ketakutan terbesar John Lennon

Baca juga: "Penny Lane" Mini Morris milik Paul McCartney yang dibalut koin diiklankan


"Here Comes the Sun" merupakan satu dari 10 lagu yang ada di dalam album Abbey Road, sebuah album yang bahkan gambar pada sambulnya melegenda. Walau ada dalam urutan pertama pada sisi kedua Abbey Road, "Here Comes the Sun" muncul sebagai lagu terpopuler.

Dibandingkan lagu-lagu lain gubahan George Harrison, "Here Comes the Sun" paling ceria dan membuat orang bergoyang menyambut matahari pagi.

Keriangan Here Comes the Sun pantas dicatat, karena sosok pendiam George dan penampilannya yang cenderung muram memang kuat tercermin dari banyak lagunya, baik sebagai beatle maupun ketika bersolo karir.

Baca juga: Kisah cinta John Lennon dan Yoko Ono siap jadi film baru

Baca juga: Sutradara "Lord of The Rings" garap film dokumenter The Beatles

Baca juga: "Yesterday", film The Beatles tanpa The Beatles

Pewarta: Sapto HP
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengintip penampilan “The Beatles” Asia Tenggara

Komentar