Palu (ANTARA) - Direktur Galeri Foto Jurnalistik (GFJ) Kantor Berita Nasional ANTARA, Oscar Motuloh membekali puluhan fotografer pemula hingga profesional dan fotografer amatiran serta jurnalis di Kota Palu, Sulawesi Tengah dalam diskusi bertajuk memotret di lokasi bencana di Baruga Langan Vatulemo, Jumat.

Dalam pembekalan yang diselenggarakan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu bekerja sama dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dalam rangka memperingati setahun bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Sulteng itu, Oscar menerangkan jika dalam kondisi apapun terutama saat bencana fotografer harus tetap memotret.

"Jangan kesampingkan perasaan. Takut dan sedih serta memikirkan nasib keluarga saat bencana itu manusiawi, tapi sebagai seorang fotografer kita harus tetap memotret untuk mengabarkan kepada dunia kondisi yang terjadi," jelasnya.

Tujuannya, lanjut pria yang dianugerai gelar "Empu Ageng" atau setara Doktor Honoris Causa (HC) oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu, agar foto yang dibagikan menarik simpati masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia sehingga dampak dari foto tersebut bala bantuan berdatangan untuk para korban bencana.

"Tapi ingat, saat mau memotret, jangan hanya mempersiapkan perlengkapan memotret, tapi juga pelajari dan pahami etika memotret. Misal saat memotret mayat korban bencana, jangan potret wajahnya. Biasanya yang dipotret kantung jenazahnya," imbaunya.

Menurutnya setiap foto yang dihasilkan tidak pernah bohong dan pasti sesuai dengan fakta yang terjadi di lokasi fotografer memotret. Berbeda dengan karya tulis yang sangat bisa dimanipulasi.

"Kunci pertama percayalah pada gambar. Gambar tidak pernah bedusta. Makanya kamera diatur agar waktu foto di kamera dengan waktu kejadian saat dipotret menggunakan kamera kita itu sama," pesannya.

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019