Surabaya (ANTARA) - Pemain sepak bola asal Brasil Otavio Dutra resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usia mengucapkan janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia di kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur di Surabaya.

"Bersediakah saudara saya ambil sumpah," kata Kepala Kanwilkumham Jatim Susy Susilawati saat memimpin pembacaan sumpah di Kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur di Surabaya.

"Saya bersedia," kata Dutra yang kemudian disusul mengikuti kata-kata Kepala Kanwilkumham Jatim.

Baca juga: Kemenkumham Jatim percepat pengambilan sumpah Dutra jadi WNI

"Saya berjanji bahwa saya akan melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing kemudian tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Dutra.

Usai mengucapkan janji, Dutra kemudian menandatangani berita acara dengan disaksikan oleh para saksi.

Dutra mengakui, keinginan dirinya menjadi warga negara Indonesia sejak pertama kali bermain sebagai pemain sepak bola Indonesia.

​​"Saat itu saya tahu Persebaya merupakan tim yang hebat di kota Surabaya. Keluarga saya juga tinggal di Surabaya," katanya.

Baca juga: Dutra tetap masuk timnas meski administrasi belum selesai

Ia menjelaskan, beralihnya kewarganegaraan dari Brasil ke Indonesia ini mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya, termasuk anaknya yang kini masih duduk di bangku SMP.

"Anak saya merasa Indonesia merupakan negaranya, karena sejak dari kecil anak saya sudah berada di Indonesia, punya banyak teman di Indonesia," katanya.

Usai proses pengambilan sumpah selesai Dutra ingin sekali langsung membela Tim Nasional Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab.

"Saya sudah dua kali gagal membela timnas, saya harap dengan pelayanan yang baik dari Kemenkumham Jatim bisa mewujudkan harapan saya," katanya.

Baca juga: Otavio Dutra berjanji lanjutkan perjuangan pahlawan Indonesia

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019