Golf

Pegolf Jepang Oiwa juarai Players Championship lewat drama playoff

Pegolf Jepang Oiwa juarai Players Championship lewat drama playoff

Pegolf Jepang Ryuichi Oiwa melakukan selebrasi usai menjuarai turnamen Combiphar Players Championship 2019 di Parahyangan Golf Club, Bandung, Jumat (27/9/2019). ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono.

Bandung (ANTARA) - Pegolf Jepang Ryuichi Oiwa menang dramatis lewat dua permainan playoff pada hari keempat sekaligus penutup turnamen Combiphar Players Championship 2019 di Parahyangan Golf, Bandung, Jumat.

Oiwa yang tertinggal satu pukulan menuju hole 18 mencetak birdie di hole terakhir itu sementara pegolf Amerika Serikat Trevor Simsby, pemuncak hari kedua dan ketiga, terjebak bermain par sehingga keduanya membukukan total pukulan 12 di bawah par.

Oiwa bermain lebih bagus dengan bermain enam di bawah par di hari keempat, unggul dua pukulan dari sang rival asal Amerika Serikat yang memaksa keduanya bermain playoff. Playoff pertama berakhir even par sementara di playoff kedua Simsby terjebak bogey dan Oiwa memanfaatkan put terakhirnya untuk bermain par.

"Saya mengira skor kemenangan akan 12 under jadi jika saya tak terlalu banyak membuat bogey maka saya akan bisa membuat lima hingga enam under dengan mudah jadi itu strategi bermain hari ini," kata Oiwa ketika ditemui usai turnamen, Jumat.

"Saya juga tak menyangka harus memainkan playoff hari ini," kata pegolf yang kini naik ke peringkat ketujuh Orde of Merit Asian Development Tour itu.

Baca juga: Pegolf AS Simsby masih puncaki hari ketiga Players Championship

Dengan hasil tersebut, Oiwa meraih kemenangan pertamanya di sirkuit ADT setelah mengikuti enam turnamen.

Klasemen OOM juga berubah ketika pegolf Korea Selatan Joohyung Kim finis kelima hari itu dengan dua di bawah par sehingga menggeser Naoki Sekito dari Jepang ke peringkat dua.

Tujuh pegolf teratas di OOM akan mendapatkan tiket untuk bermain ke Asian Tour tahun depan.

"Saya yak punya titik balik tapi Trevor memukul bola dengan baik. Saya memiliki kesempatan ketika tertinggal satu pukulan menuju hole terakhir yang merupakan hole favorit saya," kata Oiwa.

"Saya ingin bermain di dua turnamen lagi tahun ini untuk mengamankan kartu Asian Tour saya. Saya akan bermain di Taifong Open pada Desember dan kemungkinan ajang lain di Malaysia," tambah Oiwa.

Simsby, sementara itu berada di peringkat lima OOM mengikuti delapan turnamen walau harus menelan kekecewaan dengan putt yang buruk di playoff.

"Secara keseluruhan pukulan putt saya bukan lah yang terbaik dan ada banyak kesempatan yang terlewatkan. Tapi ini pertarungan yang hebat dengannya dan saya menikmatinya," kata Simsby.

Steve Lewton asal Inggris finis di peringkat ketiga secara keseluruhan dengan raihan enam di bawah par diikuti pegolf Taiwan Wang Wei-lun di peringkat lima dengan torehan total lima di bawah par.

Sementara itu Elki Kow menjadi pegolf terbaik Indonesia di turnamen berhadiah total 100.000 dolar AS yang memasuki tahun keempatnya tersebut dengan finis di T19 dengan raihan total pukulan tiga di atas par.

Baca juga: Players Championship 2019 ajang kumpulkan poin Olimpiade
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar