Ini adalah salah satu peristiwa penting selama tugas saya sebagai duta besar Filipina di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Filipina untuk Indonesia Leehiong T. Hee meresmikan penerbangan perdana dan penerbangan langsung Garuda Indonesia rute Manado-Davao di Manado, Jumat.

Pada acara peresmian yang berlangsung di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, itu, Dubes Leehiong didampingi Sekretaris Ketiga Jacqueline Joan S. Arquiza, Atase Perdagangan Jeremiah C. Reyes, dan Konjen Filipina di Manado Oscar Orcineof.

Sementara itu, pihak Indonesia diwakili oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, CEO Garuda Indonesia Airlines Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Asisten Deputi Kementerian Pariwisata Ricky Fauziyani, serta Denny Abdi dari Kementerian Luar Negeri RI.

"Ini adalah salah satu peristiwa penting selama tugas saya sebagai duta besar Filipina di Indonesia," kata Leehiong dalam siaran pers Kedubes Filipina yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Dia lebih lanjut mengatakan terwujudnya penerbangan Manado-Davao yang dijadwalkan berlangsung pada setiap Jumat dan Senin ini juga sudah menjadi target dirinya selaku dubes. 

"Penerbangan langsung Manado-Davao oleh Garuda Indonesia akan membawa kedua negara menjadi lebih dekat, membantu peningkatan hubungan dagang, pembangunan, pariwisata dan hubungan antar-masyarakat," katanya.

Baca juga: 17 "Travel agent" Filipina diajak nikmati penerbangan Manado-Davao

"Saya mengucapkan selamat kepada Garuda Indonesia atas langkah ini. Seperti kata pepatah, perjalanan seribu mil dimulai dari langkah pertama," katanya.

Menurut Dubes Leehiong, Presiden Rodrigo Duterte dan Presiden Joko Widodo sangat menghargai pentingnya hubungan seperti ini.

"Masuk akal jika transportasi udara Manado-Davao akan menjadi semakin lancar, sebagaimana posisi geografis di titik paling dekat antara kedua negara. Biaya dan waktu bisa dihemat untuk mempromosikan hubungan dan kerjasama Indonesia dan Filipina," katanya.

Penerbangan langsung ini melengkapi hubungan laut antara Sulawesi Utara-Mindanao yang baru-baru ini diresmikan dan dilayani oleh perusahaan Filipina Reefer Express Lines.

"Saya juga memiliki keyakinan dan optimisme yang sama seperti halnya Garuda Indonesia bahwa ini akan menjadi salah satu langkah untuk memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Filipina," katanya.

Baca juga: Sekolah Indonesia peringati 70 tahun hubungan RI-Filipina
 

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2019