Jakarta (ANTARA) - Google merayakan ulang tahun yang ke-21 dengan memasang gambar komputer lawas yang menampilkan tulisan "Google" sebagai latar layar.

"Selamat ulang tahun ke-21, Google!" demikian bunyi keterangan di laman resmi Google Doodle, Jumat.

Google menandai kelahiran mereka pada 21 Agustus 1997, seperti yang terlihat pada tanda air (watermark) di gambar Doodle hari ini.

Dua mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Lawrence "Larry" Page pada tanggal ini 21 tahun yang lalu mempublikasikan makalah yang memuat peluncuran prototipe "mesin pencari dalam skala besar".

Baca juga: Masukan Google untuk RUU Perlindungan Data Pribadi

"Kami menamai sistem kami Google, dari ejaan umum googol atau 10100. Nama itu cocok dengan tujuan kami membangun mesin pencari berskala sangat besar," kata Brin dan Page dalam makalah tersebut.

Google saat ini menjadi pemain terbesar mesin pencari di dunia lewat Google Search, beroperasi pada lebih dari 100 bahasa dan menjawab triliunan pencarian dalam setahun.

Google berkembang pesat, bukan hanya mesin pencari. Perusahaan berbasis di Menlo Park, California, AS itu juga mengembangkan sistem operasi Android yang dipasang di jutaan ponsel di dunia.

Baca juga: Google luncurkan "Google Play Pass", pesaing Apple Arcade

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019