counter

Film Indonesia dan Korsel akan tayang di lima kota selama KIFF 2019

Film Indonesia dan Korsel akan tayang di lima kota selama KIFF 2019

Perwakilan dari CGV Indonesia, Abi, di Jakarta, Jumat (27/9/2019) mengumumkan pagelaran KIFF 2019 yang menjadi bagian dari Korea Festival 2019 akan menghadirkan penyanyi asal Korea Selatan, Kim Sohee untuk jumpa fans di CGV FX Hall, Jakarta. (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Film buatan sineas Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) akan tayang di lima kota di Indonesia selama pagelaran Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2019 pada 10-13 Oktober, kata CGV sebagai penyelenggara di Jakarta, Jumat.

CGV, perusahaan bioskop multiplex Korea Selatan, menerangkan lima kota yang akan menjadi lokasi pagelaran acara, di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

"KIFF tahun ini digelar di CGV Grand Indonesia Jakarta, CGV Paris van Java Bandung, CGV Jwalk Yogyakarta, CGV Marvell City Surabaya, dan CGV Focal Point Medan. Rangkaian acara dimulai dengan pre-event pada 9 Oktober di Jakarta," kata Abi, perwakilan CGV saat ditemui di kantor Korean Cultural Center.

Dalam festival film yang menjadi salah satu acara dalam Korea Festival 2019, lima belas film asal Korea Selatan yang ditayangkan, antara lain "Parasite", "Extreme Job", "The Gangster", "Tazza: One Eyed Jack", "The Cop The Devil", dan "The Bad Guys: Reign of Chaos".

"Film Parasite karya Bong Joon-ho akan kembali ditayangkan kembali di Indonesia selama festival berlangsung. Film ini dipilih selain karena telah memenangkan penghargaan bergengsi Palme d'Or pada Cannes Film Festival di Prancis, juga telah menjadi film Korea yang paling banyak ditonton di Indonesia sepanjang masa dengan lebih dari 450.000 penonton," terang Abi.

Sementara itu, pagelaran tersebut juga menayangkan lima film Indonesia, yang dua di antaranya "Bebas" dan "Dua Garis Biru".

"Film Bebas karya sutradara Riri Riza akan ditayangkan selama festival berlangsung, karena film itu adalah remake (buatan ulang, red) dari Sunny, film yang populer di Korea Selatan," jelas Abi.

Tidak hanya penayangan film, CGV sebagai penyelenggara akan mendatangkan aktris utama "Sunny", Kang Sora untuk menghadiri pembukaan pada 10 Oktober.

Kang Sora dijadwalkan akan menghadiri acara pembukaan dan menonton film bersama peserta acara pada pembukaan KIFF 2019.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur KCC Indonesia yang sekaligus menjabat Atase Media dan Kebudayaan Kedutaan Besar Korsel untuk Indonesia, Chun Youngpoung, menjelaskan Korea Festival 2019 merupakan acara yang bertujuan mempererat hubungan dua negara.

"Acara K Festival 2019 ini bukan hanya diselenggarakan oleh instansi asal Korea Selatan, tetapi juga festival dari dan untuk masyarakat Indonesia," ujar dia.

Korea Festival 2019 merupakan pagelaran dengan ragam acara mulai dari pameran film, makanan, industri kreatif, dan produk-produk Korea Selatan, konser musik, acara seni dan budaya yang digelar di Jakarta serta beberapa kota lainnya selama 1 Oktober - 10 November.

Jadwal lengkap Korea Festival 2019 dapat dilihat di akun Instagram Korean Cultural Center Indonesia @kcc.id atau laman ilotte.com.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan - Rano Karno ramaikan pembukaan Korea Indonesia Film Festival 2018
Baca juga: K-Festival kembali, hadirkan deretan artis hingga opera Negeri Ginseng
Baca juga: Mira Lesmana-Riri Riza buat versi Indonesia Film Korea "Sunny"

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar