counter

15 ribu polisi masih bersiaga di gedung DPR antisipasi aksi susulan

15 ribu polisi masih bersiaga di gedung DPR antisipasi aksi susulan

Air mancur berwarna warni hiasi akse jalan menuju Gedung DPR RI Senayan menjelang malam hari, Jumat (27/9/2019). 15 ribu personel kepolisian masih disiagakan di lokasi untuk antisipasi demonstrasi susulan. ANTARA/Andi Firdaus/pri

Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 15 ribu aparat kepolisian masih disiagakan di kawasan Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta Pusat, Jumat malam, guna mengantisipasi demonstrasi susulan.
 
"Di sini kita siagakan 15 ribu personel. Mereka bergantian bermalam," kata Kapolrestro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan, di Jakarta, saat ditanya jumlah personel yang bersiaga di kawasan Gedung DPR RI.
 
Personel tersebut berasal dari sejumlah satuan unit tugas, di antaranya Brigade Mobil (Brimob), Sabhara, hingga intelijen.
 
Sebanyak 765 di antaranya berasal dari Mapolrestro Jakarta Pusat, sisanya berasal dari Polda Metro Jaya dan sejumlah kepolisian di berbagai daerah.
 
Harry mengatakan kawasan Senayan hingga kini masih berstatus siaga 1 usai gelombang demonstrasi yang bergulir sejak Senin (23/9) hingga sore tadi
 
"Gedung DPR/MPR ini masuk Ring 1, kita masih bersiaga mengantisipasi gangguan Kamtibmas dari berbagai kemungkinan, termasuk gelombang aksi susulan," katanya.
 
Personel kepolisian tampak bermalam di sejumlah sudut kawasan Gedung DPR/MPR, khususnya pada area parkir kendaraan dengan mendirikan tenda.
 
Sejumlah mobil pengurai massa dan water cannon juga tampak terparkir di dalam kawasan Gedung DPR/MPR.
 
Kendaraan berat kepolisian juga tampak di beberapa ruas jalan, seperti Gerbang Pemuda, Lapangan Tembak dan Jalan Gatot Subroto.
 
Hingga pukul 20.30 WIB kawasan tersebut tampak kondusif usai berlangsungnya empat agenda demonstrasi dari berbagai organisasi masyarakat yang pro dan kontra terhadap kebijakan pemerintah.
 
"Kami memfasilitasi area demonstrasi di Jalan Gatot Subroto, sebab Jalan Gerbang Pemuda dan Lapangan Tembak menjadi koridor alternatif bila terjadi kerusuhan," katanya.

Baca juga: Polres Jakarta Barat amankan 144 pelajar hendak demo

Baca juga: Kapolda Metro Jaya bertemu Gubernur Anies update keamanan Jakarta

Baca juga: Anies: Jalur hukum unggahan Denny Siregar bukan prioritas DKI


 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

LPSK jamin keselamatan saksi kasus penembakan mahasiswa UHO

Komentar